Lidik Pro Berhasil Memediasi Kasus Kekerasan di Bawah Umur, Kapolres Bulukumba; Itu Restorasi Justice

oleh -
Kasus Kekerasan berakhir Damai
Dok- Penyerahan surat pernyataan damai Ibu Dahlia disampingi Lidik Pro di Polres Bulukumba, Senin (6/1)

Bulukumba, suaralidik.com – Kasus kekerasan di bawah umur yang menimpa anak dari Ibu Dahlia yang dilaporkan ke Polres Bulukumba akhir Desember 2019 lalu berujung Damai.

Kasus kekerasan yang melaporkan pelaku berinisial RZ (22) asal warga kelurahan Jalanajang kec. Gantarang ini telah dicabut laporannya oleh pelapor.

Ibu Dahlia selaku pelapor mengemukakan jika pihaknya sudah menerima permintaan maaf langsung dari pelaku dan orang tua pelaku dan bahkan sangat menyesali perbuatannya.

” Laporan sudah saya cabut, pelaku bersama orang tuanya sudah mendatangi rumah saya dan meminta maaf langsung dan menyesali perbuatannya, waktu itu (Baca, Jumat (3/1/2020) mereka datang bersama personil Lidik Pro Bulukumba ” jelas Ibu Dahlia

Di tempat terpisah, Ketua DPD Lidik Pro Bulukumba Harianto Syam mengungkapkan jika dirinya bersama personil lainnya langsung mendatangi keluarga korban dan pelaku usai menerima laporan melalui Whatsapp miliknya.

” Waktu itu, Kami langsung mendatangi mereka semua untuk mencari informasi sebagai bahan analisa kasus sekaligus berupaya melakukan mediasi antara kedua belah pihak, Tidak semua kasus yang sudah dilaporkan ke pihak kepolisian berakhir di Meja hijau ” kata Harianto Syam yang juga merangkap sebagai Ketua BINPRO Indonesia ini.

Lidik pro
Dok – Tanda tangan surat pernyataan damai oleh Ibu Dahlia (Pelapor)

Lebih lanjut dijelaskannya kalau Kedua belah pihak sudah dimediasi dan mereka sudah dipertemukan langsung saling memaafkan.

” Mereka sudah damai, atas dasar rasa kemanusiaan dan itikad baik kedua belah pihak, bahkan mereka sudah menandatangi surat pernyataan damai di depan pihak kelurahan dan Kepolisian ” Tutup Anto.

Kapolres Bulukumba AKBP Syamsu Ridwan yang sempat ditemui membenarkan dan menilai jika itu adalah salah satu restorasi Justice.

” Ini benar, Lidik Pro sudah memediasi kedua belah pihak dan itu termasuk restorasi Justice tentunya, suasana kembali normal seperti semula” Kata Syamsu Ridwan usai mengikuti kegiatan penghijauan, Senin (6/1)

Penyidik PPA Brigpol Rian Hidayat yang menangani kasus tersebut mengungkapkan tidak mempersoalkan perdamaian kedua belah pihak karena laporan tersebut masih dalam tahapan panggilan klarifikasi.

” Pihak pelapor sudah membawa bukti surat pernyataan Damai mereka, namun demikian tetap menunggu pihak pelapor untuk surat pencabutan sebagai bukti laporan pertanggung jawaban Kami ” Kata Rian Hidayat (***RS)

kpu BOLTIM
HUT Kabupaten Pinrang Ke-60