LIDIK PRO Desak Bawaslu Bulukumba Segera Tindaklanjuti Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019

oleh -
Liidik pro Demo Bawaslu
Aksi demo Lidik Pro depan kantor Bawaslu Kabupaten Bulukumba, Kamis (2/5/2019)

Bulukumba, suaralidik.com – Kamis (2/4/2019) siang, sekitar pukul 11:00 wita, puluhan personil Lembaga Investigasi Mendidik pro rakyat Nusantara (Lidik Pro) mendatangi kantor Bawaslu kabupaten Bulukumba .

Mereka mendesak pihak Bawaslu untuk segera menindak lanjuti laporan dugaan kuat pelanggaran pemilu yang dialkukan secara struktur di kabupaten Bulukumba.

Dalam laporannya ke Bawaslu sesuai kajian Badan Investigasi Lidik Pro, diduga kuat telah terjadi perubahan data, pergerseran suara hingga ke pemalsuan dokumen negara oleh oknum Politisi.

Jubir Badan investigasi Lidik Pro Agus Salim menyebutkan jika pihaknya sudah melakukan kajian terhadap beberapa form C1 dari beberapa wilayah dan menemukan beberapa keganjalan terhadap dokumen-dokumen itu.

“Ada beberapa form C1 dicoret nilainya kemudian diubah dengan angka lain, ada juga form C1 discan dan diphotocopy kemudian di tanda tangani dengan tinta basah, ada juga ditambahkan angka di depan dari angka yang sudah ada sehingga tidak sesuai dengan akumulasi total suara partai dan suara caleg” tegas Agus yang wawancarai usai gelar aksi demo.

Sementara itu, korlap aksi Ketua Badan Investigasi Lidik Pro (BINPRO) Harianto syam dalam orasinya mendesak kepada pihak Bawaslu sesuai tupoksinya sebagai lembaga pengawas pemilu agar segera menindak lanjuti laporan dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum.

“Kami mengapresiasi Bawaslu kabupaten Bulukumba agar segera menindaklanjuti laporan-laporan kami yang dilampirkan dengan penjelasan dan bukti-bukti kuat guna mengungkap aktor penjahat yang berani mencederai pesta demokrasi ini. Sangat jelas bahwa ini dilakukan untuk keuntungan caleg tertentu setelah mengamati, mengkaji dan menggali informasi langsung di lapangan” teriak ketua Binpro ini dengan keras yang dilanjutkan kata “ Allahu Akbar” peserta demonstran lainnya.

Aksi damai yang berlangsung kurang lebih 1 jam ini diakhiri dengan penyerahan laporan kedua dugaan pelanggaran pemilu kepada bawaslu bulukumba .
Di depan demonstran, usai menerima laporan kedua dari Lidik Pro, Bakri Abu Bakar dari pihak Bawaslu menyatakan akan segera menindaklanjuti laporan-laporan yang sudah masuk.

“…Dalam waktu dekat ini, Kami akan membentuk tim investigasi khusus sebagai tindak lanjut laporan-laporan yang sudah masuk, kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman Lidik Pro yang sudah melaporkan dugaan-dugaan pelanggaran dalam proses pemilu ini” tagas Bakri menggunakan microfon di depan demonstran.

Juga dikatakannya, kalau Lidik Pro sudah memasukkan 2 (dua) laporan dugaan pelanggaran pemilu untuk segera ditindaklanjuti. ***BCHT