,

Lidik Pro Lampung Sorot Pengelolaan Dana BOS SMK N 1 Tulang Bawang  Tengah 

oleh

LAMPUNG, Suaralidik.Com –  LSM Lidik Pro menyosoti pengelolaan Dana Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMK N 1 Tulang Bawang Tengah.

Menurut ketua Lidik Pro Lampung M. Kamhar Edi Purnomo  ada dugaan ketidak jelasan pengelolaan dana BOS di SMKN 1 Tulang Bawang Tengah.

Hal ini kian subur seiring bobroknya pengawasan dari dinas pendidikan dan inspektor provinsi lampung.

Pasalnya SMK N 1 tulang bawang tengah kejuruan pertanian dan tehknologi terdiri dari 868 siswa laki, 440 siswa perempuan.

Harusnya, kata Edi, banyaknya  siswa beriringan dengan  sarana prasarana yang menunjang. Ini, sangat terbalik dari yang ada di sekolah SMK N 1 tulang bawang tengah. Sebagaimana diketahui, per siswa akan dihitung Rp 1,4 Juta. Jika dikalikan 1308 siswa. Maka, SMKN 1 Tulabg Bawang Tengah mengelolah  Rp. 1,831,200,000, – jumlah yang cukup fantastis.

Nilai ini  tak selaras dengan kondisi fisik sekolah. Hasil reportase Lidik Pro amat mengejutkan.  Fasilitas meubeler ada yang rusak, plafon berlubang dan toilet siswa yang kumuh. Semunya  ini menjadi polemik dan jadi tanda tanya besar.

Beberapa Siswa SMK N 1 tulang bawang tengah menuturkan kepada lidik pro untuk fasilitas disekolahan kurang nyaman.

Sayangnya  kepala SMK N 1 tulang bawang Tengah Sungkowo Titis Widihandoko tidak dapat dimintai keterangan. Ketika dikontak via telepon selular pun tidak pernah diangkat.

Adapun guru  bapak Gasimun sebagai Wakepsek bidang  humas hanya menjawab itu wewenang kepala sekolah dan bangunan itu sudah tua.(***edi doy)