LIDIK PRO Terus Lakukan Upaya Pencegahan Pemberangkatan TKI secara Ilegal ke Malaysia

oleh -

Bulukumba, suaralidik.com – Sebagai Lembaga pro rakyat dan peka terhadap pahlawan devisa, LIDIK PRO terus melakukan upaya-upaya pencegahan pemberangkatan dan penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) secara ilegal yang marak terjadi di provinsi Sulawesi selatan dan Kabupaten Bulukumba pada khususnya.

Selain giat melakukan sosialisasi langsung dan pendekatan terhadap masyarakat, Lidik Pro tak jarang mengadakan kegiatan khusus sosialisasi seputar TKI dengan menghadirkan Instansi terkait seperti Disdukcapil, Dinas Sosial, Dinas Ketenagakerjaan hingga Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) sebagai Unit Pelaksana Teknis BNP2TKI yang bertugas memberikan kemudahan pelayanan dalam proses penempatan dan penyiapan seluruh dokumen penempatan TKI.

SMKN 1

Jumat (14/12/2018) sore sekitar pukul 16:00 wita, LIDIK PRO mendatangkan langsung tamu khusus dari Negara Malaysia Mr Ramdan dan Mr GM yang didampingi langsung Direktur Utama PT Dasa Graha Utama ABD Rahman sebagai perusahaan penyalur TKI Resmi ke luar negeri.

Dalam acara sosialiasi yang berlangsung kurang lebih 4 jam ini, di depan puluhan calon TKI yang akan diberangkatkan ke negara malasysia, General Manager BBC Mr Ramdan banyak mengemukakan dampak-dampak negatif apabila berangkat ke negara malaysia untuk bekerja tidak sesuai prosedur yang dibenarkan pemerintah Indonesia dan Malaysia.

” Jangan lagi coba-coba berangkat ke malaysia tanpa melalui prosedur yang berlaku, selain anda tidak diasuransikan, Anda juga pasti tidak akan merasa aman dan nyaman bekerja di sana. mudah saja kalau mau berangkat untuk bekerja ke malaysia secara aman, tempuhlah jalur resmi dan pemerintah tentunya tidak akan mempersulit ini karena kalian adalah pahlawan devisa tentunya” ucap Mr Ramdan .

Ditempat yang sama, ABD Rahman selaku Direktur Utama PT. Dasa Graha Utama mengemukakan hal yang sama.

” Kita bersyukur karena pemerintah Kabupaten Bulukumba sudah menyediakan fasilitas Medical Check Up (MCU) secara online di RSUD Andi Sulthan Daeng Radja, selain itu, saat ini juga telah hadir perusahaan besar khusus penyalur Tenaga Kerja ke Malaysia yang dipusatkan di kota ini. Tidak sulit kok untuk berangkat bekerja ke Malaysia secara resmi, yang penting Anda bersabar saja sejenak karena tentunya Dokumen-dokumen harus disiapkan terlebih dahulu dan ini menjadi syarat tentunya untuk memperoleh Paspor, BPJS dll, jadi mari kita berangkat ke negara Malaysia secara aman melalui perusahaan resmi juga tentunya” jelas Direktur Utama PT. Dasa Graha Utama ini.

Usai memberikan pemahaman terhadap warga dari berbagai desa dan calon TKI, Sosialisasi ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu langsung oleh Ketua Umum Lidik Pro Bachtiar Muslimin hingga selesai.(***BCHT)