banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Lidik Pro Wajo Berharap Program BSPS Mampu Menjadi Pilot Proyek di Wajo

Program bantuan BSPS Wajo 2020 - AIA - rumah bedah

Wajo, suaralidik.com – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang tersebar pada 14 Kecamatan dan 64 desa/kelurahan di Kabupaten Wajo merupakan salah satu aspirasi anggota DPR RI H. Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPUR).

Program bedah rumah ini dikawal ketat melalui anggota DPRD Kabupaten Wajo dari fraksi Gerindra H.Mustafa.

H.Mustafa intens melakukan koordinasi dengan masyarakat terkait program yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, termasuk toko atau suplayer material guna memastikan kualitas.

“Kami intens melakukan komunikasi dengan maysarakat termasuk penyuplei material seperti seperti UD.Cahaya Tampangeng, UD.Benteng Lompoe, UD.Cahaya Baru Utama dan beberapa Suplayer di Kabupaten Wajo. Alhamdulillah material kayu sudah sesuai kwalitas dan keinginan masyarakat,” ujar H.Mustafa di Warkop Labolong, Selasa (2/8/2022)

Penulusuran langsung media pada beberapa kecamatan , pengerjaan bedah rumah sudah mencapai 100% .

Seperti di Kelurahan Anabanua Kecamatan Maniangpajo, Kelurahan Baru Tancung Kecamatan Tanasitolo, Desa Kampiri Kecamatan Pammana, Kelurahan Talotenreng Kecamatan Sabbangparu dan kelurahan Sengkang Kecamatan Tempe dan lainya.

Penerima manfaat program BSPS ini melalui pendataan dan verifikasi langsung dari PUPR provinsi Sulawesi selatan.

Kriteria yang mendapatkan bantuan BSPS mencakup empat komponen hunian yang kondisi bagunannya di bawah standar, kesehatan sanitasi dan air bersih layak serta luas rumah sesuai standar ruang gerak yang minimum.

Dinas PUPR Kabupaten Wajo

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Wajo Andi Aso Ashari, ST.,M.Si mengaturkan rasa terima kasihnya kepada AIA.

Ia menjelaskan, Kabupaten Wajo sudah ke-6 kalinya menerima program bantuan BSPS termasuk dari AIA.

“Terima kasih kepada pak H.Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) atas bantuannya. Kalau tidak salah Ini merupakan tahun ke-6 Kabupaten Wajo mendapatkan program bantuan BSPS. Belum lagi bantuan yang lain yang juga dari Aspirasi Bapak H.Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) melalui Kementerian lain yang bekerjasama dengan Komisi V. Semoga kedepannya bermanfaat bagi masyarakat. Karena memang di daerah kami masih banyak rumah tidak layak huni,” kata Andi Aso Ashari saat dikonfirmasi, Selasa (2/8/2022).

Fasilitator / Kordinator Program BSPS Wajo

Tenaga Fasilitator Lapangan program BSPS Kabupaten Wajo, Kusnadi menjelaskan, 70% program sedang berjalan. Semua sudah bekerja pada porsi dan tupoksinya.

Sebagai Tenaga Fasilitatilor, Kusnadi merasa durasi kontrak kerjanya sangat singkat, yakni hanya 4 bulan.

Ia memastikan, ada beberapa unit rumah yang tidak akan terselesaikan tepat waktu hingga kontrak kerja berkahir.

Kusnadi menambahkan, salah satu kendala yang dihadapi dalam pengerjaan adalah kondisi cuaca yang tidak menentu.

Namum dekimian, sebagai tenaga fasilitator beserta atau kordinator kabupaten berkomitmen tetap mengawal progress BSPS hingga tuntas meskipun kontrak berakhir.

“Wasdal dari Provinsi sudah 2 kali datang ke Wajo pada Tanggal 12 sd 13 juli oleh orang Balai Perumahan PU PR Sulawesi selatan danTanggal 1 sd 3 agustus oleh Tim TA ( konsultan Tenaga Ahli ) BSPS Sulsel,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Rabu (3/8/2022).

Lidik Pro Wajo Berharap, Program BSPS Sesuai Dengan Harapan Bupati

Ketua Lidik Pro Wajo Ir.Nasir Rahim berharap, berharap sesuai harapan Bupati Wajo, Program BSPS 2022 dapat menjadi Pilot proyek dan lebih utama program ini sebagai program pemulihan ekonomi dapat bermanfaat dan dirasakan langsung oleh Masyarakat ucap Ketua Lidik sesudah audiensi dengan Bupati Wajo.