Lihat Keceriaan  Ibu-Ibu Persit Candra Kirana Kodim 1411 Bulukumba Ikut Tanam Padi

oleh
Gerakan Tanam Padi serentak di Bulukumpa_ SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,BULUKUMBA – Gerakan tanam padi serempak Kodam VII Wirabuana di wilayah Distrik Militer 1411 Bulukumba melibatkan Persit Candra Kirana Kodim 1411 Bulukumba, di Dusun Lajae, Desa Jojjolo, Kecamatan Bulukumpa, Kamis (22/9) pagi tadi, yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Ir.Harun, Staf Ahli Pangdam VII/Wirabuana,Kolonel Inf Sutikno Sulaeman, Dandim 1411/Bulukumba Letkol Arm Sutikno, Plt Camat Bulukumpa, A.Asdar, Kepala BP3K Bulukumpa, H.Nurdin, Kabid Dinas Pertanian Tanaman Pangan Bulukumba, H.A.Rosmaniar serta para Danramil, Perangkat desa dan anggota kelompok tani sekecamatan Bulukumpa.

Tak mau ketinggalan, tiba-tiba saja ibu-ibu dari Persatuan Isteri Tentara Kartika Chandra Kirana ( Persit KCK) Kodim 1411 Bulukumba turun kesawah. Mereka, tanpa dikomandoi langsung mengambil benih padi untuk turut melakukan penanaman padi membaur dengan para petani.

Kejadian yang cukup menyita perhatian para petani di Desa Jojjolo tersebut, terjadi saat kegiatan tanam padi serentak yang dipusatkan di persawahan milik kelompok tani Lajae 2 Desa Jojjolo.

Pantauan SuaraLidik.com, dilokasi tanam serentak, tidak hanya ibu-ibu dari Persit KCK, beberapa aparat TNI, Instansi Pertanian meliputi Kepala Dinas, Penyuluh, Camat,Perangkat Desa dan warga tampak antusias mengikuti kegiatan tanam padi serentak tersebut.

Kepala Dinas Pertanian kabupaten Bulukumba, Ir.Harun usai kegiatan tanam padi serentak kepada Redaksi SuaraLidik.com mengatakan , tanam padi serentak ini merupakan upaya percepatan tanam padi yang ditargetkan oleh Kementerian Pertanian RI ( Kementan RI ). Untuk di Bulukumba, pada akhir September mendatang, target 4000 hektare (H) persawahan usai dilakukan penanaman.

Tanam serentak ini bertujuan bagaimana menciptakan Swasembada pangan agar masyarakat sejahtera kedepan berdasarkan sumber daya lokal berlandaskan agama, masyarakat sejahtera kedepan tentunya secara sehat muaranya terletak di lingkup pertanian ” ujar Harun.

Harun menambahkan,Produksi rata rata mencapai 6,5 ton dengan potensi produksi 12 ton sebagaimana apa yang di sampaikan penyuluh/PPL pertanian. “Masyarakat selaku pengguna hasil pembangunan, sekaligus Upaya khusus luas tambah tanam yang berdampingan dengan Unsur TNI. Agar mencukupi program Swasembada pangan yang di canangkan pemerintah “

Kadis Pertanian juga menyampaikan permohonan maaf atas bantuan pemerintah yang di tunjukan kepada masyarakat khususnya Untuk Traktor masyarakat desa Jojolo belum dapat dinikmati, karena belum mendapatkan giliran atas bantuan tersebut.

Gerakan tanam padi serentak
Ibu-Ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 1411 Bulukumba turut ikut tanam padi bersama warga di Dusun lajae Desa Jojjolo, Kamis (22/9) -ANDI AWAL/SUARALIDIK.com

Staf ahli Pangdam VII Wirabuana Kolonel Inf Sutikno Sulaeman,dalam sambutannya menyampaikan antara lain Kegiatan ini merupakan program Pemerintah degan lokasi sawah baru dan sawah yang siap ditanam guna percepatan luas tambah tanam.

TNI bertugas mendampingi dan mendorong masyarakat petani serta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian untuk meningkatkan pertanian khususnya tanaman padi dan TNI bertanggung jawab atas program Upsus ketahanan pangan yang diprogramkan oleh pemerintah karena telah melakukan komitmen bersama MOU Kementrian Pertanian dan TNI dalam bidang pertanian. “

Sementara itu, Dandim 1411 Bulukumba Letkol Arm Sutikno, mengatakan kegiatan Tanam serempak itu merupakan program seluruh Kodim se-Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pertanian.

REPORTER ; muhardi/andi awal

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com