Mau Olah Limba Sapi Menjadi Pupuk Organik Cair,Biogas,Dan Lain-Lain..? Baca Ini..

oleh
Limbah Sapi Menjadi Pupuk dan Biogas
P. Suhardi,SE (Professor Biogas) - Ahli kelolah Limbah Sapi Menjadi Pupuk dan Biogas

Lidik pinrang – Kab. Pinrang boleh berbangga dengan sosok P. Suhardi,SE (Professor Biogas) julukan para tamu yang datang ke Pinrang melihat kerja Nyata dan Karya mengolah Limbah Ternak Sapi menjadi Biogas Ramah Lingkungan.

Limbah Sapi Menjadi Pupuk dan Biogas
P. Suhardi,SE (Professor Biogas) – Ahli kelolah Limbah Sapi Menjadi Pupuk dan Biogas

Selain itu hasil Filter Limbah ternak tadi diolah lagi menjadi Pupuk Cair dan Pupuk Kompos ( Padat). Kegiatan P. Addi yang juga Mantan Kades Desa Amassangan Kec. Lanrisang dua Periode ini memulai kegiatannya sejak Tahun 2007 sampai sekarang.

Hasilnya Olahan Limbah Ternak ini telah mendapat Leglisasi dari KEMENTAN RI No. 400/kpts/SR.310/B/11/2105 dan mendapat Penghargaan dari Luar Negeri Inofice (Indonesian Organic Farming Certification) SERTIFIKAT PERTANIAN ORGANIK No. 200/LSO-003-IDN/08/2016 membuktikan Produk yg diberi nama LAMPOKO BIOURINE ini menembus pasar Lokal dan Nasional dalam wilayah Indonesia.

limba-sapi-jadi-pupuk

P. Suhardi,SE yang ditemui oleh suaralidik.com pada hari Minggu 27 Nov 2016 di Lokasi Pengolahan Pupuk Organik Lampoko Biourine menjelaskan bahwa hasil kerja sama dan perhatian Pemkab Pinrang dalam Hal Badan Lungkungan Hidup yang telah memberikan Bantuan berupa Pengadaan Digester Biogas sangat bermanfaat dan membuahkan hasil sampai seperti ini.

Bukan hanya itu Produk Olahannya kini menjadi pusat kunjungan dari beberapa kabupaten,Kota dan Provinsi bahkan dari luar Negara seperti halnya baru baru ini kadatangan tamu dari negara Jepan,yang ingin melihat apa betul Limbah ternak bisa menjadi Biogas ( bisa jadi Bahan Bakar).

Harapan P. Suhardi,SE dengan Produk Pupuk Cair dan Kompos ini Pertanian di Indonesia bisa kembali seperti dulu yang tidak lagi lebih dominan memakai zat Kimia tapi beralih Organik yang lebih aman,sehat,dengan hasil yang memuaskan semoga ini menjadi berkah kita semua, dan Produk ini bisa dipergunakan di Pertanian,perkebunan, tambak (empang),..


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama