Lindungi Perangkat Desa, Pemda Gorut Evaluasi Keikutsertaan Aparat Dalam BPJS

oleh

Sekda Gorut Ridwan Yasin SH MH foto bersama aparat Desa usai melakukan rapat koordinasi dan evaluasi,(foto humas).

Gorontalo, Suaralidik.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Provinsi Gorontalo terus memberikan perhatian penuh terhadap seluruh Aparat Perangkat Desa yang ada, khususnya dalam memberikan jaminan kesejahteraan dan perlindungan baik kesehatan hingga jaminan masa tua.

Melalui Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (PMD) Pemda Gorut gelar rapat koordinasi dan evaluasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi seluruh perangkat Desa baik Kades, Sekdes, bendahara, maupun Aparat Desa se-Gorut, Selasa 04/12/2018.

Bertempat di Halaman kantor PMD Gorut, kegiatan ini dibuka langsung Sekda Gorut Ridwan Yasin, dan turut dihadiri perwakilan Pimpinan BPJS ketenagakerjaan (TK) Provinsi Gorontalo dan OPD terkait.

Dalam sambutannya, Sekda menyambut baik kegiatan Rakorev tentang keikutsertaan Peserta BPJS TK bagi aparat dan perangkat Desa. Rindawan menganggap penting keikutsertaan BPJS TK bagi aparat Desa guna memberikan jaminan dan perlindungan yang sama dengan ASN PNS diseluruh Wilayah Kabupaten Gorut.

“Saya contohkan untuk Santunan BPJS Ketenagakerjaan bagi aparat desa yang meninggal dunia akan menerima dana kematian 24 juta rupiah. Begitu pula ada Jaminan Hari tua dan Pensiun bagi aparat desa non PNS, sama halnya dengan ASN. Sehingganya saya mengajak seluruh peserta aparat desa yang hadir Sudah bisa didaftarkan dan diurus kepesertaannya. Toh premi BPJS TK ini sudah ditanggung Pemda Gorut”,jelas Sekda.

Sehingganya, Komitmen pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kerjasama dengan BPJS TK dapat segera direalisasikan 100 persen di tahun mendatang. Proses pendaftarannya pun terbilang mudah.

“Daftar di BPJS TK dan ikuti 2 jaminan baik Asuransi Kecelakaan, Meninggal dunia, dan Pensiun”,pungkas Ridwan.

Sementara itu, mewakili pimpinan BPJS Provinsi Gorontalo melalui kepala Bidang Kepesertaan BPJS TK, Muh. Asrul Arif menjelaskan pihaknya dalam memberikan perlindungan kerja beserta keluarganya bagi aparat dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Gorut menjadi prioritas utama.

Mengingat Pemda Gorut sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan BPJS TK untuk memberikan perlindungan kepada seluruh Kepala desa se-Gorut.

“Untuk itu, kerjasama ini perlu ditingkatkan lagi hingga pada perangkat desa yang memiliki peran penting dalam mendukung kerja Kepala desa”,jelas Asrul Arif.

Olehnya, pihak BPJS TK menggunakan bagi aparat Desa untuk ikut dalam program BPJS TK melalui berbagai Program Jaminan seperti kecelakaan kerja, meninggal dunia, Pensiun dan Jaminan Masa Tua,(***TR/03).