Listrik Dinas Kesehatan Parepare Disegel, Ada Apa?

oleh

Parepare, Suaralidik.com – Kantor Dinas Kesehatan Parepare pagi tadi mengalami pemadaman listrik dari PLN. Awalnya kemarin pemadaman hanya pada gudang obat atau farmasi namun pukul 09:00 wita pagi tadi, listrik Dinas Kesehatan disegel PLN. 06/12/2018.

Kantor Dinas Kesehatan Parepare

Menurut informasi yang didapatkan, Dinas Kesehatan Parepare belum membayar tagihan listriknya sejak 2 bulan terakhir. Artinya, bulan November dan Desember 2018 tidak terbayar.

Dikonfirmasi lebih lanjut, pihak dari Dinas Kesehatan mengatakan bahwa pengajuan untuk pembayaran listrik sudah diajukan sejak bulan September lalu. Jika mengacu pada anggaran, upaya penyelesaian pembayaran listrik bulan Juli, Agustus, September dan Oktober 2018, sekitar 40 juta lebih per bulannya yang dibayarkan. Namun sampai detik ini pencairan dibagikan keuangan belum ada realisasi dari bulan Juli sampai sekarang. Padahal sudah dalam bentuk SP2D namun belum ada realisasi dari keuangan Pemda.

Dampak dari penyegelan tersebut sangat mempengaruhi dari pelayanan Dinas Kesehatan. Segala bentuk aktifitas yang ada sangat bergantung dari listrik. Misalnya pelayanan untuk penginputan kepesertaan BPJS dan aktivitas perkantoran lainnya.

Selain itu, padamnya listrik juga berpengaruh pada vaksin vaksin yang ada pada gudang obat. Dapat mengakibatkan kerusakan pada vaksin vaksin tersebut.

Menurut PPK Dinas Kesehatan Arif Attas, hal ini sudah diajukan rutin dan sudah melengkapi berkas pengajuan pencairan namun belum juga dicairkan. Bahkan bukan cuma untuk pembayaran listrik saja yang belum dicairkan, honor cleaning servis, logistik kantor, pemeliharaan kendaraan dinas, dan administrasi kantor juga belum dicairkan.

Dampak dari penyegelan ini akan merambat ke beberapa Puskesmas dan Pustu sebab semua itu bergantung dari pembayaran rekening listrik rutin dari Dinas Kesehatan Parepare. (ISWA/RIS)