LMP Sulsel Dorong RSUD Berikan Layanan Prima

oleh
Pelatihan Manajemen Pelayanan Kesehatan Publik Angkatan I Rumah Sakit Labuang Baji di Hotel Same Makassar,29 September 2016- SUARALIDIK.com

SUARALIDIK.com,MAKASSAR – Markas Daerah Laskar Merah Putih Sulawesi Selatan mendorong Rumah Sakit Umum Daerah di Sulawesi Selatan untuk memberikan pelayanan prima kepada pasien.

Pernyataan tersebut di sampaikan Ketua Laskar Merah Putih Sulawesi Selatan,Andi Nur Alim, saat memberikan Materi Pelatihan Manajemen Pelayanan Kesehatan Publik Angkatan I Rumah Sakit Labuang Baji  di Hotel Same Makassar,29 September 2016.

Andi Nur Alim, mengatakan banyaknya laporan dan aduan pelayanan Rumah Sakit Pemerintah Daerah ,karena tidak profesionalnya pegawai yang memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pasien “seharusnya ini tidak terjadi apabila pegawai rumah sakit memahami karakter pasien dan keluarganya” ujar Nur Alim.

Ada beberapa masalah yang mengakibatkan terjadinya konflik antara pegawai rumah sakit dan keluarga pasien karena tidak terbangunnya komunikasi,salah satu contoh pemberian resep dokter yang tidak di tanggung BPJS Kesehatan dan kamar kadang kosong tapi disampaikan full ini juga yang menjadi picu padahal kamar yang kosong biasanya disiapkan oleh pasien khusus.

Pelatihan Manajemen Pelayanan Kesehatan Publik Angkatan I Rumah Sakit Labuang Baji  di Hotel Same Makassar,29 September 2016- SUARALIDIK.com
Pelatihan Manajemen Pelayanan Kesehatan Publik Angkatan I Rumah Sakit Labuang Baji di Hotel Same Makassar,29 September 2016- SUARALIDIK.com

Sehingga kedepan Ormas Laskar Merah Putih Sulawesi Selatan akan memberikan bantuan Advokasi dan mediasi bagi pasien dan pihak rumah sakit apabila ada masalah insiden karena kesalahpahaman guna terciptanya pelayanan prima yang berkualitas.

Advokasi dan Mediasi akan di berikan kepada Rumah sakit Pemerintah sesuai kesepakatan bersama pada sosialisasi BPJS Kesehatan Dan Tenaga Kerja di warkop Pade Makassar ( 9/5/2016)  lalu untuk bersama memberikan yang terbaik bagi pelayanan kesehatan di Rumah sakit Umum Daerah dan swasta.

Sekretaris LMP Sul-Sel ,Djaya Jumain,mengatakan secara administrasi LMP Sul-Sel sudah menyiapkan form pengaduan bagi keluarga pasien dan pihak rumah sakit karena keduanya perlu mendapat perlindungan karena terkait pemberi pelayanan dan pemanfaat pelayanan yang setiap waktu terjadi benturan baik lisan maupun fisik.

Diharapkan kedepan tidak ada lagi terjadi  komplain karena alasan  pelayanan yang buruk tetapi pasien sudah memahami pelayanan yang seharusnya dan pihak rumah sakit dengan sabar dan iklas melayani pasiennya.

CITIZEN REPORT ; djaya jumain (LMP Sulsel)

REDAKSI ; andi awal-suaralidik.com