LSM Lidik Pro Minta Kapolda Sulselbar Jangan Diam, Harap Hentikan Tambang Galian C Di Galesong

oleh -1 views
Foto : Lokasi Tambang Galian C yang beralamat di Dusun Bontojai Desa Kalukuang Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Jum'at (12/7)

Takalar, Suaralidik.com – Terkait adanya tambang galian C yang beredar digalesong yang selalu diperbincangkan saat ini oleh kalangan masyarakat yang dianggap tidak memiliki izin dari lingkungan hidup kabupaten maupun provinsi sulawesi selatan, Jum’at (12/7).

Tambang galian C itu, sebenarnya sudah lama beroperasi yang awalnya berada dilokasi dusun salewatang sekarang kembali menambang diwilayah dusun bontojai desa kalukuang kecamatan galesong kabupaten takalar.

Sebelumnya, warga pernah melakukan aksi dan warga saat ini tak mampu menyelesaikan persoalan itu namun demikian tambang ilegal itu masih tetap dilanjutkan dari pihak penambang.

Saat ini, banyaknya warga yang mengeluh dan resah dari berbagai pihak, baik dari masyarakat diluar desa kalukuang maupun masyarakat yang tinggal di desa kalukuang kecamatan galesong kabupaten takalar.

LSM LIDIK Pro Rakyat bersuara dan angkat berbicara terkait soal penambangan yang ada dilokasi desa kalukuang kecamatan galesong itu yang seharusnya tidak dilakukan penambangan, mungkin saat ini belum ada dampak yang dialami akan tetapi puluhan tahun kedepan saya yakin bahwa pasti ada dampaknya seperti abrasi, dan jenis tanaman warga juga akan mengalami kerusakan yang terjadi masa yang akan datang.

Kami prihatin kampung itu nantinya akan mengalami longsor dan kami peduli dengan generasi bangsa yang akan datang, sehingga sebelum terjadi hal demikian kami lakukan antisipasi dan pencegahan sebelumnya.”

“Olehnya itu pentingnya bapak Kapolda Sulselbar agar kiranya datang bersama anggotanya kelokasi untuk menghentikan serta meninjau langsung lokasi tambang galian C itu yang di anggap tidak memiliki izin tersebut.(*rey)