LSM Penjara Dukung Pemda Bolmut Basmi Pungli Berkedok Komite Sekolah

oleh -
Foto : Gambar Ilustrasi desakan agar pemerintah menghentikan pungutan liar di sekolah.

BOLMUT, SuaraLidik.comLembaga Swadaya Masyarakat Pemantau Kinerja Aparatur Negara (LSM Penjara) mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dalam membasmi pungutan liar berkedok komite di sekolah.

Hal ini karena masih maraknya pungutan pihak komite sekolah dengan dalih sumbangan atau kesepakatan komite dengan wali murid untuk biaya infrastruktur maupun suprastruktur di sekolah.

“Sampai saat ini masih banyak sekolah yang melakukan pungutan kepada wali murid di sekolah, padahal amanat Permendikbud nomor 75 tahun 2016 sudah jelas bahwa dalam pasal 12 komite tidak boleh melakukan pungutan kepada wali murid”, terang Ketua DPC LSM Penjara Bolmut, Fardan Patingki, SH., kepada reporter media ini, Sabtu (11/01/2020).

Lebih lanjut, pria berambut gondrong itu mengatakan jika, pihaknya mendukung penuh Pemerintah Daerah Bolmut dalam membasmi pungutan yang diterapkan komite di sekolah.

“Atas alasan apapun, sekolah tidak boleh melakukan pungutan ke wali murid. Harusnya pihak komite melakukan penggalangan dana di luar sekolah, karena itu amanat Permendikbud tadi. Harapannya, agar dinas terkait menindak tegas sekolah yang masih melakukan pungutan ini”, ujar Alumnus Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo itu. (***chan)

HUT Kabupaten Pinrang Ke-60