Lurah Kalumeme Sukses Fasilitasi Pemilihan Pengurus BKM Tingkat Lingkungan

oleh
BKM Sejahtera Kalumeme
Suasana pemilihan calon pengurus BKM Sejahtera Kelurahan Kalumeme, Kamis (26/4/2018)

Bulukumba,suaralidik.com – Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba tergolong sukses dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pemilihan calon pengurus Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) tingkat lingkungan yang berlangsung di kantor kelurahan Kalumeme, Kamis (26/4/2018)

Baca Juga: Breaking News : Rombongan BKM Bulukumba Ikuti Program Kotaku Di Aula Kantor Bupati Gowa

BKM Sejahtera Kalumeme yang merupakan kepemimpinan kolektif dari organisasi masyarakat warga kelurahan Kalumeme yang anggota-anggotanya dipilih berdasarkan kriteria kemanusiaan, sehingga berperan secara penuh sebagai pemimpin masyarakat warga.

Kolektifitas ini penting dalam rangka memperkuat kemampuan individu untuk dapat menghasilkan dan mengambil keputusan yang lebih adil dan bijaksana.

Diketahui bersama bahwasannya Peran BKM Kelurahan Kalumeme adalah mewadahi aspirasi masyarakat dengan cara melibatkan masyarakat agar pro aktif dalam proses pengambilan keputusan dalam program pemberdayaan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan dan memperjuangkan di penuhinya kebutuhan dasar, sosial, ekonomi dan sarana prasarana dasar lingkungan bagi masyarakat miskin.

Hal ini diungkapkan oleh Ibu lurah Kalumeme Arya Arnita Hamid S.IP.M.KES usai memantau langsung pemilihan pengurus BKM Sejahtera.

Lebih lanjut dijelaskannya jika pemilihan pengurus BKM ini dengan masa bakti 5 tahun kedepan dilakukan secara demokrasi dimana calon pengurus masing-masing menuliskan 5 nama anggota masyarakat yang dinilainya faham dengan peran,fungsi dan tugas pokok BKM untuk masyarakat kelurahan Kalumeme.

Dari hasil pemilihan pengurus untuk 4 (empat) lingkungan dengan durasi kurang lebih 6 jam ini, menghasilkan 60 orang warga kalumeme calon pengurus untuk kemudian diteruskan ke tingkat kelurahan mengikuti seleksi menjadi 13 orang.

” Hasil pemilihan pengurus BKM Sejahtera Kalumeme untuk masa bakti 5 tahun kedepan, didominasi dengan calon pengurus dari kalangan perempuan dan saya berharap agar calon pengurus yang lahir dari hasil seleksi pemilihan ini,  memiliki  jiwa kerelawanan dan tingkat kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan pembangunan baik fisik maupun sumber daya manusia ” tutup Arnita. (***Andi)

Abdul Nazaruddin

Rujadi

Mohamad Hidayat Panigoro

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama