Luruskan Edaran Kemenag, Kasat Intelkam Polres Bulukumba Kumpulkan Bhabinkamtibmas

oleh
Kasat Reskrim Polres Bulukumba
Kasat Intelkam Polres Bulukumba AKP Moh. Wahyu, S.Sos disela sela Tausiyahnya pada kegiatan pengajian rutin Polres Bulukumba

BULUKUMBA, SUARALIDIK.com – Kasat Intelkam Polres Bulukumba AKP Moh. Wahyu, S.Sos disela sela Tausiyahnya pada kegiatan pengajian rutin Polres Bulukumba menekankan kepada Personil agar bersikap netral secara penuh dan adil serta mampu menyejukkan suasana ditengah-tengah perbedaan pilihan Pilpres dan Pileg 2019 mendatang yang tahapannya sudah berjalan saat ini.

Secara khusus Kasat Intelkam mengarahkan Personil Intelkam dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran bekerja sama, dalam memonitor dan meredam issu-issu yang berkembang di masyarakat terutama issu-issu yang berpotensi menimbulkan konflik SARA.

Kehadiran Intel dan Bhabinkamtibmas harus mampu meredam dan meluruskan issu yang berkembang agar tidak digoreng menjadi konflik terutama masalah Agama. Dirinya mencontohkan kasus gorengan Issu terkait Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) RI, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, nomor : B.3940/DJ.III/Hk.00.7/08/2018 Tentang Pelaksanaan Intruksi Dirjen Bimas Islam Nomor :KEP/D/101/1978 Tentang tuntunan penggunaan pengeras suara di Masjid, Langgar dan mushola, Kamis (06/09/2018), di Masjid Namirah Polres Bulukumba.

Kebanyakan komentar yang negatif dengan opini bahwa ” Ada pelemahan terhadap ummat Islam ” disebabkan karena masyarakat tidak membaca surat edaran tersebut, keadaan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang atau kelompok tertentu untuk membangkitkan emosi dan antipati Ummat Islam terhadap Kementerian Agama atau Pemerintah.

AKP Wahyu menjelaskan bahwa dalam surat edaran tersebut tidak ada pelarangan, hanya diatur misalkan pada saat menjelang sholat Shubuh dan Dhuhur, pembacaan Alquran dapat dimulai dan bahkan dianjurkan memulai pada 15 menit lebih awal dilanjutkan Adzan dan menggunakan corong atau suara keluar, sedangkan untuk waktu Azhar,Magrib dan Isya 5 menit lebih awal dengan menggunakan corong keluar, sebagai tanda persiapan.