banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

M Yusuf Krg Sibali: Daeng Manye Sosok Figur Kuat 2024

Foto: Ketua Panitia Pelaksana Maudu Lompoa Cikoang, M Yusuf Karaeng Sibali, saat diwawancara.(25/10/2022).

Suaralidik.com,_||Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kembali dirayakan sekali setahun di Bumi Butta Panrannuang Takalar, tepatnya di Cikoang Kecamatan Laikang.(Selasa,25/10/2022).

Ir. H. Mohammad Firdaus Daeng Manye, MM dalam momentum ini, selain diberi panggung perhelatan juga diberi kesempatan untuk memberikan sambutan.

Bertempat di Baruga Maudu Lompoa Cikoang, hadir juga Bapak Dir Serse Narkoba Polda Sulsel, Kapolres Takalar, Sekda Takalar, Ketua DPRD Takalar, Dandim Takalar, serta Tokoh-Tokoh adat lainnya.

Ketua panitia pelaksana perayaan Maudu Lompao ri Cikoang, Bapak Muh. Yusuf Krg. Sibali, usai kegiatan berlangsung di Baruga Maudu Lompoa Cikoang diambil keterangannya mengatakan bahwa perayaan ini sebagai momentum tahunan perhelatan akbar kami di Cikoang, apalagi ini digelar setelah melewati masa pandemi tahun lalu, jelasnya.

Meurutnya lagi, saat diminta keterangannya dengan sosok Daeng Manye, mengungkapkan bahwa figur yang memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki jaringan luas, teruji visi dan program kerakyatannya, memiliki visi digital dan tadi disinggung saat beri sambutan, dan kami juga yakin beliau figur yang mampu melihat potensi daerah untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi untuk tingkatkan PAD (pendapatan asli daerah), kami melihat Daeng Manye Sosok Figur Kuat 2024 dan itu dimiliki oleh Bapak Mohammad Firdaus Daeng Manye, terangnya.

Mendapat kehormatan sebagai sesepuh Kerajaan Karaeng Laikang, sehingga beliau, Daeng Manye diberi panggung. Julung-Julung pun ikut menghiasi momentum maudu (maulid) lompoa (besar) ri Cikoang (di Cikoang). Dan dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ada 3 makna yang kita dapat rasakan dan fahami dalam momentum Maudu Lompoa Ri Cikoang ini, yakni ada tiga pilar utama diantaranya Kaniakkang (kehadiran), kalassukang (kelahiran), appakaramulai (memulai), ucap Daeng Manye.

Lanjutnya, perayaan ini sangat bermanfaat karena banyak magnetnya ada nilai sosial, nilai religi, nilai seni, aspek ekonomi, aspek pendidikan. Maudu Lompoa ini bukan hanya event lokal tapi menjadi event menuju ke event internasional, tentunya banyak berperan kedepan nantinya adalah era digitalisasi yang akan menjadi perubahan baru, menuju Takalar, tutur Daeng Manye saat beri sambutannya.(*)