banner pemkot makassar 2024
iklan PDAM Pemkot Makassar

MA Darul Qalam Bulukumba Gandeng Suaralidik untuk Pelatihan Jurnalistik

waktu baca 2 menit
Wapimred suaralidik berfoto bersama pelajar MA Darul Qalam, peserta pelatihan jurnalistik ||Foto:dok_suaralidik

Penerapan Ilmu: Siswa MA Darul Qalam Praktik Menjadi Jurnalis Setelah Pelatihan

BULUKUMBA, SUARALIDIK – Madrasah Aliyah Darul Qalam Bulukumba, bekerjasama dengan media suaralidik, menyelenggarakan pelatihan jurnalistik.

Kegiatan ini berlangsung selama satu hari pada Sabtu, 16 Desember 2023, dengan menghadirkan Andi Awal Tjoheng, Wakil Pimpinan Redaksi suaralidik, sebagai narasumber.

Pelatihan jurnalistik diikuti oleh 20 peserta terpilih dari kelas X-XII, yang diberikan materi dasar-dasar jurnalistik, menulis berita, teknik peliputan, wawancara, fotografi, pembuatan konten, hingga keterampilan live streaming dan menjadi host. Termasuk dalam materi adalah cara bijak menggunakan media sosial.

Kepala MA Darul Qalam Bulukumba, Abdullah, S.Pd, menjelaskan bahwa pelatihan jurnalistik ini pertama kalinya diadakan dengan tujuan memberikan bekal kepada siswa agar dapat menggunakan media sosial secara bijak dan memanfaatkannya untuk hal positif.

Abdullah menyampaikan pesan kepada para peserta, “Setelah pelatihan ini, kalian harus bisa mengembangkan ilmu yang didapat. Jangan sungkan untuk bertanya kepada pemateri. Tolong saya berpesan, ilmu kejurnalistikannya dikembangkan dan tularkan ilmu ini kepada teman-teman kalian yang tidak ikut di sini.”

Setelah mendapatkan teori jurnalistik, peserta langsung terlibat dalam praktik langsung menjadi jurnalis.

Wakamad Kesiswaan, Rusdi Syam, menjelaskan bahwa tujuan praktik ini adalah untuk melatih pemikiran kritis dan kemampuan membuat karya dalam waktu singkat, sehingga siswa memiliki pemikiran yang cemerlang dengan moto “Aku berfikir maka aku ada.” ***


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Abd Azis anrang

    Kalau kader Lidik rata2 punya potensi bagus pak

    Balas
    • Abd Azis anrang

      Alhamdulillah..semoga bisa suistinable kepada kader lainnya

      Balas
Sudah ditampilkan semua
perhapmi
perhapmi