Malam Nisfu Sya’ban, Kyai Anwar Sadat Gelar Muhasabah dan Sampajang Saratu’

oleh
Suasana

SuaraLidik.Com, Makassar – Peringatan malam nisfu sya’ban, dihelat khusus Anggota DPRD Sul-Sel, Kyai Anwar Sadat dan masyarakat Belawa Wajo dengan menggelar Muhasabah dan sampajang saratu’, di bilangan jalan Lacukkang, Makassar. Jumat, (12/05/2017).

Suasana Muhasabah dan sampajang saratu’ di kediaman Anggota DPRD Sul-Sel, Kyai Anwar Sadat

Bertempat di kediaman KH Anwar Sadat yang juga putera (alm) AGH Abd Malik, serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam peringatan ini, diawali dengan yasinan dilanjutkan dengan sampajang saratu atau shalat lail 100 rakaat, kemudian muhasabah, tausiah dan dilanjutkan dengan doa akhir tahun. Agendapun dilanjutkan dengan sahur bersama untuk berpuasa di 15 Sya’ban.

Berdasarkan pantauan SuaraLidik.Com ratusan jamaah yang terdiri dari masyarakat asal Belawa Wajo, yang berukim di Makassar, Gowa dan Jeneponto, mereka rata-rata pedangang di sejumlah pasar seperti pasar Terong, Sentral dan pasar Sungguhminasa, tak ketinggalan para mahasiswa asal Belawa Wajo yang tinggal di Makassar. Mereka mamadati kediaman Anwar Sadat hingga meleber di teras dan pinggir jalan.

Kyai Anwar Sadat menyampaikan, renungan malam Nisfu Sya’ban ini selain sebagai ajang untuk intropeksi diri bagi jamaah juga sebagai wahana untuk meningkatkan ajang silaturahmi.

Acara Ihya Lailatul Nisfu Sya’ban ini, telah menjadi rangkaian acara di rutin di Masjid Darussalam Mange, Kecamatan Belawa, dan setiap tahunnya dihadiri lebih dari 1000 jamaah. Kini sudah sembilan tahun kami adakan di Makassar, sehingga masyaraat Belawa yang ada di Makassar dan sekitarnyam tak perlu lagi ke Belawa,” jelas ketua Dewan Syuro PKB Sulsel ini.

Selain Tausiyah jama’ah dapat saling bertukar informasi terkait situasi terkini, muhasabah dan Samapajang saratu’ sendiri telah menjadi agenda rutin di Masjid Darussalam Belawa, yang ditanamkan oleh (alm) AGH Abd Malik.

Selain masyarakat di Belawa, shalat lail dan muhasabah nisfu sya’ban juga dilaksanakan di Malangke Luwu Utara, Masjid Tua di Kabupaten Bone serta sebaran pengamal tharekat.

Editor : Adhe


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama