Mapaska Gelar Dialog Budaya

oleh

Bulukumba, Suara Lidik – Mahasiswa Pemerhati Alam dan Seni Budaya Kajang (MAPASKA) menggelar dialog budaya dengan tema “Peran Pemerintah dan Masyarakat dalam Melestarikan Kebudayaa Kajang di Tengah Hempasan Era Globalisasi. Kegiata tersebut di gelar di ruang data Kantor Camat Kajang, Sabtu (04/03/2017).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh politik serta beberapa perwakilan dari pihak koramil. Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Camat Kajang A.Buyung. Camat, Plt kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Bulukumba Drs. H. Akhmad Januaris, Danramil 1411-03/Kajang Kapten Inf M. Asri, Wakil ketua komisi D DPRD Bulukumba Udin Hamzah, Budayawan A. Samad DM Kr Mattu dg Pahakkang, Anggota DPRD fraksi partai Nasdem H. M Tamrin, Babinsa Bonto Baji  Zainuddin, Babinsa kel. Tanajaya,  A. Haris) serta Kepala Desa Lolisang M.Amir.

Menurut A. Samad. DM, selaku tokoh budaya mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Mapaska patut diapresiasi oleh pemerintah dan masyarakat, sebab dengan dilakukannya dialog tersebut akan menjadi sumber refleksi bagi kita semua untuk tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal yang kita miliki sebagai masyarakat kabupaten Bulukumba.

A. Samad. DM juga menambahkan bahwa salah satu nilai budaya yang perlu dipertahankan adalah kearifan lokal yang terdapat pada suku Ammatoa yang tidak memperbolehkan menjual tanah dan
hutan sebab tanah dan hutan adalah sumber kehidupan untuk anak cucu kita dimasa yang akan datang.