Masyarakat SM-3T Indonesia Sukses Gelar Kegiatan “Peluncuran Website Kepenulisan dan Program Penguatan Literasi Pendidik”

oleh
SM 3T
Masyarakat SM-3T Indonesia Sukses Gelar Kegiatan "Peluncuran Website Kepenulisan dan Program Penguatan Literasi Pendidik"

SUMBA, SUARALIDIK.com– Masyarakat SM-3T Indonesia, Minggu (24/09/17) bertempat di ruang Aula Dinas Pendidikan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, menggelar kegiatan Peluncuran Website Kepenulisan dan Program Penguatan Literasi Pendidik.

SM 3T
Masyarakat SM-3T Indonesia Sukses Gelar Kegiatan “Peluncuran Website Kepenulisan dan Program Penguatan Literasi Pendidik”

Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sumba Timur, NTT, Ruben Nggulandima, S.Sos., M.Pd.
Dalam sambutannya Ruben menyampaikan terima kasih kepada Masyarakat SM-3T Indonesia serta para Guru Garis Depan yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Dengan adanya wadah seperti ini dapat menampung tulisan-tulisan guru, bisa saling bertukar pikiran dan menuangkan ide dan gagasannya melalui tulisan demi pengembangan pengetahuan, bisa saling berinteraksi antara sesama guru memberi solusi terkait permasalahan pendidikan. Pada kesempatan itu, saya mengajak kepada para guru untuk bekerja sama dan bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah untuk membangun negeri, seorang guru harus bersedia ditempatkan dimana pun jika pemerintah membutuhkan kita” ucapnya.

Direktur Masyarakat SM-3T Institute, Akhiruddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk meningkatakan keterampilan membaca dan menulis bagi kalangan pendidik, siswa dan masyarakat pada umumnya.

Bung Haru, sapaan akrab Akhiruddin, mengatakan bahwa seorang guru tidak hanya sekedar mengajar atau mengajak anak didik untuk membaca dan menulis tetapi seorang pendidik harus menjadi ikon cinta membaca atupun menulis, sebab seoarang guru selain mempunyai tuntutan mengajar, guru harus mampu menulis, khususnya menulis karya ilmiah.

“Jangan sampai seoarang pendidik memilih terhenti karir pangkatnya hanya karena kurang mampu untuk menuangkan idenya melalui tulisan” tutur Haru. Siapapun yang ingin membaca dan atau ingin menulis, mempunyai ide/gagasan yang belum sempat tersalurkan silahkan mengunjugi website tersebut dengan cara klik *jurnalismemsi.id*,” tutup Haru.

Aprisal Al Nahli, salah seoarang guru yang bertugas salah satu SMP di Sumba Timur yang turut hadir pada kegiatan tersebut menambahkan bahwa dengan adanya peluncuran web ini menambah wadah bagi para pendidik untuk menumbuh kembangkan budaya menulis dan literasi bagi para pendidik. “Jadi bukan hanya siswa yang kita dorong untuk gerakan literasi tapi pendidiknya pun harus kita dorong untuk lebih mencintai lagi gerakan literasi dan ini merupakan salah satu wadah untuk kita berani menulis” ungkap Aprisal Al Nahli yang akrab disapa pak Guru Apri Nahli.

Pada kegiatan tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Sekretaris Dinas Pendidikan yang didampingi oleh Direktur Masyrakat SM-3T Indonesia sebagai tanda resmi diluncurkannya website tersebut yang disaksikan langsung oleh para guru yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut berlangsung sekitar 3 jam diakhiri dengan deklarasi bersama Guru Garis Depan bersahabat dengan mengusung tema “Komitmen Bersinergi Membangun Negeri”.
(aprisal/wiss)