Membumikan Perkalian Ala Metode 40 di Sekolah di Kab.Bulukumba

oleh

 

 

Zulkarnain Serah Terima Buku Pelajaran Perkalian
Zulkarnain Serah Terima Buku Pelajaran Perkalian metode 40

 

BULUKUMBA, LiDIK SULSEL (3/5/16)

— Rumah Belajar Bersama (RBB) melakukan kunjungan survei pemahaman dasar-dasar matematika di sekolah Ibtidaiyah—sederajat sekolah dasar (SD) Yayasan Pembinaan Islam (YPPI) di jalan Mukhtar luthfi No. 11, Kabupaten Bulukumba. Acara sederhana tersebut disambut dengan hangat oleh guru-guru sekolah.

Menurut wakil kepala sekolah menyatakan dasar perkalian 1 sampai 9 sangat dibutuhkan oleh para siswa-siswi yang sedang duduk di bangku kelas 2 dan 3. Bila siswa-siswi tidak tuntas memahaminya, saat kelas 4 nanti, mereka akan kewalahan belajar matematika karena mereka sudah harus memahami perkalian bersusun dua digit. Oleh karena itu, Zulkarnain, direktur RBB segera menyikapinya dengan menyerahkan sumbangan modul perkalian kepada seluruh siswa yang jumlahnya 34 orang. ”sejujurnya, ini adalah sumbangan ini sumbernya dari orang yang tidak ingin disebut namanya dan ia meminta agar menolong orang-orang yang lemah. Kami memilih kunjungan pada sekolah ini karena ini adalah sekolah yang berada di bawah Yayasan Pembinaan Islam (YPPI) yang mempunyai perhatian besar terhadap anak yatim piatu dan saya tahu, banyak dari mereka yang hidup di bawah standar hidup layak.” Selain itu, “modul ini sungguh tepat sasaran karena setelah kami mengecek secara langsung, masih banyak diantara mereka yang masih belum memahami perkalian 2 sekalipun,” jelasnya.

 

Saat ditanya mengenai keunggulan modul karya RBB, Nain menjelaskan bahwa ini adalah modul metode 40 dimana setiap lembarannya adalah tingkatan perkalian yang berisi latihan sebanyak 40 soal. Tiap pelajar yang berhasil mengerjakan modul ini akan lebih mudah menghapal perkalian di luar kepala. Hal ini bisa tercapai dengan segera bila guru sekolah turut memberikan latihan lisan. Pernyataan ini ia sampaikan dengan sangat meyakinkan karena sebelumnya telah banyak para pelajar di RBB telah berhasil terselamatkan berkat ketekunan meyelesaikan modul tersebut.

 

Adapun guru kelas 2 dan 3 menyatakan sangat senang sekali dengan dukungan seperti ini. Menurutnya, “banyak dari orang tua siswa-siswi kami pekerjaannya sebagai tukang becak, buruh bangunan dan nelayan. Tentu mereka sangat kesulitan untuk mendapatkan buku-buku yang berkwalitas. Dan bantuan yang dilakukan oleh RBB merupakan solusi dari persoalan besar yang mereka hadapi saat ini.”

 
Pada sesi dialog dengan para siswa-siswi, seorang siswi berkata, “saya suka buku ini karena gambarnya bagus. Dan ibu guru sebenarnya sering meminta kami mengulang-ulang pelajaran perkalian di rumah. Alhamdulillah, sekarang sudah punya buku latihannya. Dan seorang siswa turut berkata, “saya lihat latihannya seru karena ada yang tersusun dan acak. Saya ingin berlomba menyelesaikan latihan ini dan saya ingin menjadi yang paling cepat dari teman-teman kelasku,” terangnya. “Tolong doanya ya kak,” tambahnya.

13119946_239594709736203_924885909587059009_o_editSiswa Kelas 2 SD yang menerima Buku Perkalian Metode 40