Mengajak Pemuda Bertani, DPP LATANI Sosialisasikan Bibit Unggul Di Gowa

oleh

suaralidik.com, Gowa–Dewan Pengurus Pusat (DPP) Lembaga Tani Nasional Mandiri (LATANI) mendukung Komunitas Pemuda Peduli Tani (KPPT) untuk melakukan uji coba penanaman bibit padi unggul varietas IPB 3S, pada sabtu (30/12) tadi. Ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Komunitas tersebut yang berlokasi di Desa Bone, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa.

Ketua KPPT, Lasinrang Aditia mengatakan, keunggulan padi jenis ini adalah umur tanaman lebih genjah (pendek), yakni hanya 112 hari, dibanding varietas biasa seperti Ciherang. IPB 3S ini juga tahan terhadap kekeringan dan penyakit tungro maupun serangan hawar daun. Keunggulan lainnya yang juga menguntungkan petani ialah potensi hasil panen lebih banyak dari bibit unggul lainya, yakni mampu mencapai 11 – 13 ton/ha lahan.

Padi unggul ini sudah diuji coba di Jawa dan cukup berhasil, di mana per hektarnya bisa mengasilkan paling sedikit 9,7 ton sampai 12 ton gabah.

Saat ini, pihak KPPT baru melakukan sosialisasi ke petani-petani yang ada di Desa Bone ini. Mereka juga masih menguji coba di salah satu lahan milik petani. Nantinya jika uji coba tersebut berhasil maka bisa dilanjutkan oleh para petani di desa tersebut.

Selaian menanam bibit unggul tersebut, KPPT juga memiliki program lainnya yakni menjembatani para petani untuk mendapatkan bantuan dari pihak pemerintah maupun swasta. Sehingga petani bisa lebih diperhatikan dan lebih maju.

Ketua Umum DPP LATANI, Darmawangsyah Muin menerangkan bahwa lembaga ini memang merupakan wadah kepemudaan yang fokus pada program pertanian. Salah satu program prioritas adalah mendorong dan mengedukasi pemuda agar berminat menjadi petani.

“Karena banyak yang kita temukan minat pemuda menjadi petani sudah langka dan cenderung memilih untuk bekerja di perusahaan.” Ujar Darmawangsyah.

Rencananya, LATANI akan bergerak di Indonesia, Khususnya di Sulawesi Selatan, bersama mewujudkan mimpi petani dan menjadikan mereka mandiri sejahtera.(Iswahyudin)