Mengenal Lebih Dekat Dengan Baje’ Khas Enrekang Duri

oleh -267 views
Baje’, salah satu makanan khas orang Duri Enrekang

Parepare, Suaralidik.com – Tanah Duri Kab. Enrekang terletak kurang lebih 200 kilometer dari Kota Makassar. Secara geografis Kab. Enrekang merupakan deretan pegunungan yang disebut juga sebagai massenrengpulu dimana separuh dari warganya adalah petani.
(08/05/2018)

Duri Enrekang dikenal dengan panorama alamnya yang indah. Warganya memelihara dengan baik segala bentuk warisan budaya dan adat istiadat. Begitu juga dengan warisan kuliner yang sampai saat ini banyak dikenal di seluruh Indonesia.

Salah satu warisan kuliner yang dikenal adalah Baje’. Baje’ adalah beras ataupun kacang yang dicampur dengan gula merah dan dibungkus memakai daun jagung yang dikeringkan. Baje’ ada yang dari beras dan ada pula yang dari kacang tanah yang dihaluskan. Mengenai rasa tidak diragukan lagi karna bahan yang diambil adalah bahan alami serta proses pembuatannya masih secara tradisional tanpa memakai bahan pengawet.

Salah satu daerah di tanah Duri yang sampai saat ini masih memproduksi Baje’ adalah di Desa Bonto, Kampung Buntulamba yang terletak kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Enrekang. Dari penuturan warga setempat, Rafly bahwa produksi Baje’ di Desa Bonto adalah warisan dari nenek moyang mereka yang tetap mereka lestarikan sampai sekarang.

Sudah banyak anak anak mereka sekolah sampai selesai berkat dari penjualan Baje’. Mereka pasarkan sampai ke Makassar serta adapula yang membawa ke Kalimantan dan Irian Jaya. Warga berharap agar nantinya Baje’ maupun warisan Kuliner lainnya, mampu dihadirkan di supermarket serta dikenal hingga ke mancanegara. (RIS/AD)