Menguak Penyebab Kebakaran di Biroro, SAPMA Pemuda Pancasila Bulukumba Mendesak Kepolisian Mengusut

oleh
Sabir Pacet, (Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Bulukumba)

SuaraLidik.com_Bulukumba, Kebakaran Rumah Warga di Kampung Songing Lingkungan Biroro, Kelurahan Tanete Kecamatan Bulukumpa kabupaten Bulukumba, Jumat (28/4/17) sekitar pukul 12.00 WITA, Kebakaran yang diduga karena arus listrik kini menyisakan pertanyaan terkait penyebab kebakaran tersebut, karena berdasarkan informasi yang berkembang di lokasi kejadian bahwa ada kejanggalan dari Pihak PLN atau pihak ketiga dalam hal ini kontraktor yang menangani pergantian KWH meteran yang di lakukan tiga hari sebelum terjadi kebakaran.

Saksi mata yaitu Sudirman (38), bersama adiknya Hadirah menyaksikan sendiri kebakaran berasal dari meteran listrik yang baru di pasang, Sudirman mengungkapkan, bahwa “Saya pertanyakanji ini pak, saat mau di ganti baru, saya bilang apa masalahnya pak kenapa meteranku mau di ganti, lamami ini kupake pak tidak adaji masalah, tapi na bilang itu petugas PLN yang datang, ini harus di ganti karena sudah tuami kilometerta”, Jelas Sudirman saat di temui wartawan Suara Lidik di rumahnya.

Gambar Rumah Mappi (64) (Korban Kebakaran), kebakaran yang berasal dari KWH rumahnya.

Sudirman Menambahkan “Setelah terjadimi Kebakaran pihak PLN datang mencabut meteran listrikku dan membawa pergi bersama kabel yang hangus sampai ketiang listrik. Saya Yakin kebakaran ini karena pihak PLN yang lalai pada pemasangan kilometer listrik baru di rumah ini”, Tambah Sudirman.

Hadirah (35) yang juga merupakan anak dari Mappi (64) adalah yang pertama menyaksikan kebakaran di rumahnya, Mengungkapkan, “sejak di pasang itu kilometer pak, selalu kulihat rete-rete (dibaca: percikan api) di dalam meteran, pas kulihat terakhir kemarin adami api yang menyebar di atas meteran listrikku, langsungka berteriak dan minta tolong”, Cetus Hadirah.

Sementara itu pada pukul 17.00 wita, Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) Bulukumba berada di lokasi kejadian dan menyaksikan langsung tim PLN dari ranting Tanete datang membawa dua unit KWH versi terbaru bersama segulung kabel hitam, di mana saat itu juga mereka sempat berdialog antara SAPMA PP dan pihak PLN yang datang di lokasi, Basir mengatakan “kami datang untuk mengganti KWH yang sudah di cabut tadi pagi, karena kami kahwatir di KWH itu ada kelainan karena sudah mengalami panas akibat kebakaran”, jelas Basir.

Lokasi Kebakaran yang menghanguskan 3 unit Rumah di Biroro Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba Jum’at/28/04/2017.

Sementara itu Sabir Pacet (Ketua SAPMA PP Bulukumba) yang di dampingi oleh Sappewali salah seorang kader Pemuda Pancasila Bulukumba yang sempat bersitegang dengan pihak PLN soal pencabutan dan pemasangan KWH yang di lakukan oleh pihak PLN, Sabir Pacet mengatakan “Semestinya sebelum Pihak PLN melakukan penggantian KWH terlebih dahulu harusnya memeriksa kelayakan instalasi listrik dalam rumah, karena ada perubahan daya yang secara otomatis dengan di gantinya KWH versi baru, yang jelas wajib memiliki Standar Layak Operasi (SLO)”, Jelas Sabir Pacet.

Sabir Pacet Menambahkan, “Kami menghimbau aparat kepolisian untuk mengusuk kasus ini, karena kami menduga ada indikasi kelalaian dari pihak PLN atau Kontraktor Pelaksana pergantian meteran KWH”, Tutup Sabir Pacet saat di temui di lokasi kebakaran, Sabtu/29/04/2017.