MENPORA RI Temui 1.500 Pemuda Mandiri Membangun Desa

oleh

Jakarta, suaralidik.com, Pengukuhan 1.500 pemuda peserta program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Tahun 2017 dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bertempat di GOR POPKI Cibubur.

Dalam kesempatan yang tak biasa, Rabu (15/11) keinginan pria berkelahiran Bangkalan Madura ini akhirnya tercapai untuk bertemu langsung dengan para pemuda yang membangun desanya, para pemuda yang membangun Indonesia dari Desa.

Dalam sambutannya, Pak Menteri kemudian meminta pemuda yang tergabung dalam program PMMD menjadi prototipe pemuda milenial masa kini.

Pemuda yang peduli dengan masyarakat, pemuda yang gemar tolong menolong, pemuda yang sehat fisik dan jiwanya.

Dengan masa penugasan selama 3 bulan, pemuda peserta PMMD memiliki misi khusus untuk menggerakkan pemuda di desanya melalui kegiatan keolahragaan, pelatihan kepemimpinan maupun kesukarelawanan, peningkatan kapasitas pemuda serta kearifan lokal yang ada. Dengan ini, pemuda menjadi subjek sekaligus objek kegiatannya.

Program PMMD merupakan salah satu dari 10 program unggulan Kemenpora di tahun 2017 ini. Harapannya, program ini benar-benar dapat terlaksana dan memberikan efek yg begitu nyata di masyarakat.

Para pemuda di desanya, menggerakkan pemuda di tempat tinggalnya sendiri sehingga bisa lebih efektif dan efisien daripada mengirimkan pemuda dari daerah lainnya.

M. Azwar Dukalang, SE, koordinator pendamping Provinsi Sulawesi Utara ketika di temui suaralidik.com di lokasi acara mengatakan, Prov. Sulawesi Utara merupakan salah satu dari 10 Provinsi yang menjadi proyek pertama program ini.

Adapun Kabupaten yang terpilih di Sulawesi Utara sebagai sasaran program ini adalah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Semoga dengan ikutnya pemuda Sulut ini betul-betul dapat pro aktif mengaplikasikan program ini di Sulut, harap Azwar Dukalang. (GNI).