Menteri PPPA Yohana Ingatkan, Negara Melindungi Anak dari Tindak Kekerasan

oleh
Photo :Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof Dr Yohana Susana Yembise MA

Gorontalo, Suaralidik.Com – Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (PPPA) Prof Dr Yohana Susana Yembise MA mengingatkan kepada masyrakat bahwa anak anak dilindungi oleh negara dari kekerasan.

Hal tersebut disampaikan menteri PPPA saat menghadiri peringatan hari anak tingkat kabupaten Gorontalo, yang dihadiri oleh bupati gorontalo Prof Nelson Pomalingo, TP PKK Kabupaten Gorontalo  Dr Fori Naway, Selasa (28/8/2018)  di gedung GOR  Davit-Toni limboto.

Dalam sambutannya, Mama Yo sapaan menteri PPPA mengingatkan bahwa anak merupakan aset berharga bagi masa depan bangsa,sehingga perlu kita jaga bersama.

“Mereka adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita bangsa yang harus dijaga,diasuh, dilindungi, dan dididik dengan baik.” jelas menteri asal papua.

Dirinya juga menjelaskan, negara telah mengatur regulasi yang berisi aturan sanksi hukum bagi pelaku kejahatan terhadap anak.

“Pelaku kejahatan seksual terhadap anak hingga menyebabkan anak tersebit meningal, cacat, dan menularkan penyakit berbahaya bisa dikenakan hukuman berat seperti hukuman mati dan hukuman kebiri.”jelas Mama Yo

Beliau juga menambahkan, Banyak hal yang menjadi bagian dari hak anak yang sepatutnya wajib dilindungi oleh Negara. Sehinggahnya pada peringatan Hari Anak Nasional ini,
penting bagi kita untuk membuat komitmen Sebab negara telah memberikan aturan mengenai hal tersebut dengan membuat Undang-undang (UU) Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak.

“Saya minta kalian, bila berkeluarga nanti jangan pernah melakukan kekerasan terhadap anak-anak kalian. Dan bagi para guru jangan pernah melakukan kekerasan kepada murid-muridnya,” Tutup menteri PPPA Yohana Yambise.(***RDJ)