banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Meraih Juara Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD dan SMP, Disdik Kota Makassar Mengharumkan Dunia Pendidikan Sulsel Di Tingkat Nasional

Kompetisi Sains Nasional Tingkat SD dan SMP (KSN SD/SMP) Yang Diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbus-Ristek).

Makassar, SuaraLidik.com – Dalam rangka mengembangkan prestasi peserta didik di bidang sains, riset, teknologi dan inovasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek), Sekretariat Jenderal Pusat Prestasi Nasional menyelanggarakan Kompetensi Sains Nasional SD dan SMP (KSN SD/SMP) Tingkat Nasional Tahun 2021, yang diselenggarakan mulai tanggal 7-13 November 2021.

Dimana dalam Kompetensi Sains Nasional SD dan SMP (KSN SD/SMP) Tahun 2021, seluruh peserta bidang Kompetisi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) mengikuti serangkaian tes, yang terdiri dari tes teori dan tes praktek yang diselenggarakan secara daring.

Menurut Plh Kabid Dikdas Dr. Syarifuddin, M.Pd menjelaskan, ada total 272 peserta yang telah mengikuti rangkaian tes pada Bidang Matematika, dan total 272 peserta yang telah mengikuti rangkaian tes pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat Sekolah Dasar.

Sedangkan untuk tingkat SMP, Dr. Syarifuddin menambahkan, ada total 245 peserta yang telah mengikuti serangkaian tes pada bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), 245 peserta yang telah mengikuti serangkaian tes pada bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan 245 orang yang mengikuti serangkaian tes pada bidang Matematika.

Dr. Syarifuddin menjelaskan, untuk tingkatan Sekolah Dasar (SD) kami keluar sebagai juara di Kategori Bidang IPA dan Bidang Matematika.

Untuk Bidang IPA Tingkat SD diraih oleh :

  • Rahayu Ayra Jalilah (Medali Perunggu) berasal dari SD Akar Panrita Maminasata.
  • Rernarf Yesaya Hulumudi (Juara Harapan) berasal dari SD Advent.

Dan untuk Bidang Matematika Tingkat SD diraih oleh :

  • Jose Willian (Medali Emas) berasal dari SD Sunshine International Educatioan.
  • Ahmad Muzaki (Medali Perak) berasal dari SD Akar Panrita Maminasata.
  • Naurah Kamila Arif (Juara Harapan) berasal dari SD Islam Athirah Bukit Baruga.

Sementara itu, untuk tingkatan Sekolah Menegah Pertama (SMP), kami keluar sebagai juara di Bidang IPA, IPS dan Matematika.

Untuk Bidang IPS Tingkat SMP diraih oleh :

  • Fatur Putra (Medali Perak) berasal dari SMP 6 Makassar

Untuk Bidang IPA Tingkat SMP diraih oleh :

  • Hafizhah Dhiza Adillah (Medali Perak) berasal dari SMP Islam Athirah 1 Makassar.
  • Malika Safa Dwi Hartini (Juara Harapan) berasal dari SMP Islam Athirah Bukit Baruga.

Dan untuk Bidang Matematika Tingkat SMP diraih oleh :

  • Abdul Gani Afandy (Medali Perak) berasal dari SMP Islam Athirah 1 Makassar.
  • Shaquilla Kylie Kasuman (Medali Perunggu) berasal dari SMP Islam Athirah 1 Makassar.

“Alhamdulillah Dinas Pendidikan Kota Makassar telah mengharumkan nama baik Sulsel di Tingkat Nasional pada Bidang Kompetisi Sains Naisonal SD dan SMP,”ujar Plh Kabid Dikdas Dr. Syarifuddin, M. Pd kepada Media Suara Lidik, Minggu sore (14/11/2021).

Dr. Syarifuddin menambahkan bahwa, proses Kompetesi Sains Nasional (KSN) ini sangat ketat, karena bersaing seluruh jenjang SD dan SMP di Indonesia dengan melewati berbagai tes dan peragaan yang harus dituntaskan peserta kompetisi.

“Kondisi ini akan terus dilakukan dengan melakukan pembinaan dan bimtek bagi para mentor di sekolah, dalam mengembangkan model tes dan penguasaan serta pendalaman materi lomba,”pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Kota Makassar, Nielma Palamba, SH, M.Adm mengatakan, kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, terutama anak-anak kita yang telah berjuang dengan sekuat tenaga, dan tentunya para orang tua siswa dan pihak sekolah yang telah mensupport, sehingga anak-anak kita bisa berhasil dan keluar sebagai juara dalam Kompetensi Sains Nasional dan telah mengharumkan nama Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.

Penulis: Jeje