Merasa Jengah Dijanji Pemerintah, Puluhan Warga Desa Padang Blokade Jalan Menggunakan Kayu dan Batu

oleh
Aksi tutup jalan
Foto : Puluhan warga Dusun Bonto Bolae, Desa Padang, Kec. Gantarang, Kab. Bulukumba saat memblokade jalan penghubung antara Jepuru menuju Desa Dampang, Minggu (30/04/2017)

Bulukumba, Suara Lidik – Puluhan warga Desa Padang, Kec. Gantarang, Kab. Bulukumba memblokade akses jalan penghubung antara Dusun Bonto Bolae (Jepuru) menuju Desa Dampang dengan sebatang kayu besar dan Batu. Aksi tutup jalan yang dilakukan warga sekitar telah berlangsung selama tiga hari terhitung sejak hari Jumat (28/04/2017) hingga hari ini Minggu (20/04/2017).

Aksi tutup jalan
Foto : Puluhan warga Dusun Bonto Bolae, Desa Padang, Kec. Gantarang, Kab. Bulukumba saat memblokade jalan penghubung antara Jepuru menuju Desa Dampang, Minggu (30/04/2017)

Aksi blokade jalan oleh puluhan warga yang dipimpin langsung oleh kadus Bonto Bolae Syamsuddin merupakan bentuk kekesalan warga Dusun Bonto Bolae kepada pemerintah yang merasa akses jalan mereka tidak diperhatikan (belum diperbaiki).

Kepada wartawan suara lidik, Syamsuddin menegaskan bahwa aksi penutupan jalan akan terus dilakukan sampai pemerintah turun ke lokasi dan mau menepati janjinya.

“Kami sudah muak dengan janji, jika pemerintah tidak segera datang melihat kondisi jalan kami dan menepati janjinya, maka jalan ini akan tetap kami tutup” Tegas Syamsuddin dengan nada kesal.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim suara lidik kepada salah satu warga mengatakan bahwa Plt. kepala Desa Padang sekitar pukul 10.00 wita sudah berupaya menenangkan sejumlah warga yang melakukan aksi tutup jalan, namun sia-sia karena warga sudah tidak mau mendengarkan nasehatnya, malahan warga hanya menyampaikan bahwa, ini aksi tutub jalan tidak akan berhenti sampai anggota DPRD Bulukumba dan Bupati turun langsung menemui masyarakat Dusun Bonto Bolae (Jepuru).

Jalan rusak
Kodisi jalan Dusun Bonto Bolae, Desa Padang, Kec. Gantarang yang di tutup oleh warga menggunakan kayu dan batu besar, Minggu (30/04/2017)

Andi Rukman, Plt. kepala Desa Padang yang dikonfirmasi wartawan suara lidik dirumahnya, membenarkan aksi yang dilakukan oleh sejumlah warga Dusun Bonto Bolae (Jepuru). Andi Rukman juga mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan negosiasi dengan warga, namun gagal dan warga tetap berniat akan memblokade jalan yang merupakan salah satu akses jalan penghubung antara desa padang dan desa Dampang sampai tuntutannya dapat terpenuhi.

“Selaku pelaksana tugas pemerintah Desa Padang, saya akan menghadap langsung ke Ketua DPRD Bulukumba dan menyampaikan secara langsung kepada beliau apa yang menjadi keluhan warga di Dusun Bonto Bolae”

Andi Rukman juga sangat menyayangkan aksi tutup jalan yang dilakukan oleh sejumlah warga, menurutnya hal itu dapat dikomunikasikan langsung kepada pemerintah. Andi Rukman juga berharap dengan adanya aksi ini sekiranya pemerintah Kabupaten dapat menyikapi tuntutan warga disana.

Reporter : Iswanto