Meriahkan Malam Lailatul Qadar, 1000 Obor  Terangi  Bumi Bintauna

oleh
Photo : OSIS SMAN Bintauna bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Bintauna menggelar pawai 1000 obor memeriahkan malam Lailatul Qadar

Bolmut, Suaralidik.Com –  Sekitar 1000 obor tiba-tiba menerangi kawasan Bumi Bintauna, Selasa malam, (12/6/2017). Ribuan obor itu merupakan Pegelaran malam pawai obor untuk negeri dalam rangka memeriahkan malam Lailatul Qadar di gelar.

Kegiatan yang bertemakan “Pesan cinta Lailatul qadar berkahi Ramadhan” itu di ikuti ratusan peserta masyarakat kecamatan Bintauna dan  di sponsori oleh OSIS dan alumni SMA N Bintauna bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Bintauna.

Pawai secara resmi di buka oleh Camat Bintauna Nurdin Sunge S.Pd.  Pawai obor tersebut  membuat suasana malam Bintauna terlihat ramaian dan ceria. Bahkan  wajah  masyarakat yang menyaksikan pawai memancarkan Keceriaan  menandakan kebahagiaan menyambut Hari lebaran Idul Fitri 1439 H.

Tahun ini untuk memeriahkan malam pasang lampu dan malam Lailatul Qadar, pemerintah kecamatan merespon positif inisiatif dari Siswa-siswi beserta alumninya. Mereka  sepekan lalu telah merencanakan kegiatan ini, walaupun waktu yang terhitung pendek sampai pada malam ini tetapi hasilnya sungguh memuaskan.

“Kegiatan ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat Bintauna terhadap nilai-nilai adat dan tradisi yang  Semakin hari menghilang dari kehidupan masyarakat,”Ujar Nurdin Sunge.

Sementara itu, Kepsek SMAN  Bintauna Hj.  Meyke Datunsolang S.Pd berharap kegiatan ini akan rutin di laksanakan setiap tahunnya oleh Siswa dan Alumni untuk memeriahkan malam Lailatul qadar.

Kepada Suara Lidik.com Panitia pelaksana melalui alumninya Rifki Tegila S.Pd berujar bahwa  Obor sudah menjadi kearifan lokal masyarakat Indonesia. Alat penerangan tempo dulu terbuat dari Bambu yang di berikan sumbu dengan berbahan bakar minyak tanah atau minyak kelapa dan sejenisnya.

Malam pawai 1000 obor untuk Negeri, adalah kegiatan yang Sejumlah peserta dan obornya akan berkeliling dari desa satu ke desa lainnya yang ada di kecamatan Bintauna. Oleh Panitia Penyelenggara, Harapannya adalah, pawai obor yang sudah menjadi tradisi dan ritual unik ini selain untuk memeriahkan malam pasang Lampu, juga sebagai ajang silaturahmi antar masyarakatnya di penghujung ramadhan ini.

Bagi kalangan anak muda dan pelajar, kegiatan ini sebagai pengenalan tradisi. Budaya yang harus  di jaga dan dilestarikan.(***sube/iqb)


Abdul Nazaruddin

Rujadi

Andi Edy Manaf

H.Askar

Harris Pratama