Mewakili Bupati Wabup Lantik 7 Orang Penjabat Kepala Desa

oleh -57 views
Foto Wabup Yanny Ronny Tuuk dan Asisten I, serta Pimpinan SKPD yang hadir bersama Penjabat Sangadi (Foto TUP Humas Pemkab Bolmong)
Foto : Wabup Yanny Ronny Tuuk dan Asisten I, serta Pimpinan SKPD yang hadir bersama Penjabat Sangadi (Foto TUP Humas Pemkab Bolmong)

BOLMONG, Suaralidik.com – Wakil Bupati (Wabup) Yanny Ronny Tuuk, mewakili Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow, Jumat (23/11/2018) melantik dan mengambil sumpah kepada 7 (tujuh) orang Penjabat Kepala Desa (Kades) yang berasal dari 4 Kecamatan. Bertempat di ruang rapat Sekretariat Daerah Kab Bolmong lantai 2.

Adapun Penjabat Kades yang dilantik yakni, Burhanudin Mokodompit asal Desa Muntoi Timur, Liem Ginoga Desa Wangga, keduanya dari Kecamatan Passi Barat. Hadjinun Papene, S.Sos asal Desa Konarom Utara, Kecamatan Dumoga Tenggara. Serly Gagundali, A.Ma, Desa Siniung Serta, Subiyanto Zakaria, SE, asal Desa Toruakat, Keduanya dari Kecamatan Dumoga. Sudirman Mokoginta asal Desa Pangian Tengah dan Djajadi Ngantung, Desa Pangian, keduanya dari Kecamatan Passi Timur.

Dalam sambutannya, Wabup Yanny menyampaikan, pasca pelantikan, Penjabat Kepala Desa diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan amanah. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang mengamanatkan bahwa kepala desa berhenti karena berakhir masa jabatannya, sehingga untuk mengisi kekosongan kepala pemerintahan didesa, harus dilaksanakan penggantian sangadi dengan mengangkat penjabat sangadi yang berasal dari pegawai negeri sipil.
“Dengan demikian pelantikan dan pengambilan sumpah pada hari ini, merupakan implementasi dari peraturan tersebut,”jelasnya.

Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, saat mengambil sumpah kepada Penjabat Sangadi yang dilantik
Photo : Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, saat mengambil sumpah kepada Penjabat Sangadi yang dilantik

Lebih lanjut Wabup menyampaikan, Penjabat Kepala Desa yang dilantik itu telah memiliki pengalaman di birokrasi. Sehingga, dia berharap, dengan pengalaman yang ada, roda pemerintahan di desanya dapat berjalan dengan baik. “Harapan saya, dengan telah dilantiknya Penjabat Kepala Desa ini, tidak mengurangi semangat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tetapi justru, ini menjadi penyemangat untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” kata Yanny.

Karena keberhasilan pembangunan didesa salah satunya ditentukan oleh Penjabat Sangadi. Hal ini menunjukkan bahwa kewenangan Penjabat sama seperti kewenangan Sangadi Definitif. “Dalam menjalankan kepemimpinan didesa, Penjabat Sangadi dituntut untuk lebih visioner, kreatif, dan inovatif serta mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dipimpinnya,”tukas Yanny.

Wakil Bupati memberikan selamat kepada para Penjabat Sangadi
Photo : Wakil Bupati memberikan selamat kepada para Penjabat Sangadi

Selain itu, Wabup juga meminta kepada para Penjabat Kepala Desa untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan menjaga hubungan yang harmonis dengan masing-masing aparatur dan perangkat yang ada di desanya. “Karena, kalau tidak ada lagi saling komunikasi, tidak ada lagi hubungan yang harmonis antar lembaga-lembaga desa, maka sistem pemerintahan di desa tidak akan dapat berjalan dengan baik,” tandas Yanny.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada para sangadi yang telah berakhir masa jabatannya. “Semoga jasa serta pengabdian yang telah diberikan kepada desa dan daerah ini, akan dicatat oleh yang maha kuasa sebagai amal ibadah,” Imbuhnya. (***Is/Adve)