Miris !!! Mantan Atlet Nasional Kini Jadi Buruh Cuci

oleh

JAKARTA,SUARALIDIK.com- Seperti kata pepatah, ‘hidup itu ibarat roda pedati, kadang di atas, kadang di bawah’, hal itu yang dialami sejumlah atlet Indonesia selepas pensiun. Tidak adanya kejelasan tanggungan pemerintah, membuat pejuang pengharum nama bangsa ini melakukan apa saja untuk bisa menyambung hidup.

Beragam profesi dilakukan, mulai sebagai tukang cuci pakaian, petugas keamanan, hingga menjadi gelandangan. Tidak adanya kejelasan dari pemerintah terhadap status mantan atlet membuat sejumlah kalangan prihatin.

Dulu Dipuja Sekarang Merana

Setelah tak lagi berlaga, salah satunya Lenni Heni yang setelah tak jadi atlit hidupnya ditopang dengan bekerja sebagai buruh cuci dan serabutan.

Lenni Heni adalah mantan atlet Dayung. Sebagai atlet Lenni dulu pernah menyabet 20 medali untuk Indonesia. Di antaranya di SEA Games Jakarta 1997, ia menyabet 3 medali emas dan 1 medali perak.

Miris,mantan atlet Leni Heni kini jadi buruh cuci
Beginilah keadaan hidup mantan Atlet Leni Heni yang kini berprofesi sebagai buruh cuci-REPRO/SUARALIDIK

Rupanya, segelimang prestasinya tersebut ternyata tidak sebanding dengan kehidupannya saat ini. Saat mengikuti pelatnas, Leni masih mengikuti pendidikan di SMP. Saat itu dia dijanjikan masalah pendidikannya akan diurus kemudian.

Namun saat keluar dari pelatnas di usia 22 tahun, dia kesulitan mengurus nasib pendidikannya dikarenakan kepengurusan yang dulu menjanjikannya telah berganti dan pengurus yang baru tidak mempedulikan kejelasan pendidikannya tersebut. Hanya dengan berbekal ijazah SD dan kejar paket B, ia kesulitan mendapatkan pekerjaan dan akhirnya menjadi buruh cuci. Tidak hanya kemalangan tersebut yang menimpa perempuan ini, salah satu putrinya menderita penyakit langka hingga barang dan harta miliknya harus dijual untuk mengobati putrinya yang sakit.

Setelah lama hidupnya mengalami kesulitan, Lenni pernah menerima penghargaan dari pemerintah pada tahun 2013.

Editor: Andi Awal-SuaraLidik


Abdul Nazaruddin

Rujadi

H.Askar

Harris Pratama