Miris..!! Pasca Banjir Melanda,Bima Kembali Di Guncang Gempa

oleh
Banjir di Bima NTT

Gempa mengguncang Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan sekitarnya, Minggu, 25 Desember 2016. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa tektonik bermagnitudo 3,7 skala Richter pada pukul 13.23 WIB. Sumber gempa itu berada di Laut Flores.

Banjir di Bima NTT

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono lewat keterangan tertulis menjelaskan, episentrum atau sumber gempa terletak pada koordinat 8.28 LS dan 119.04 BT. “Tepatnya di Laut Flores pada jarak 40 kilometer arah timur laut Kota Bima dengan kedalaman 10 kilometer,” ujarnya, Minggu, 25 Desember.

Guncangan gempa dilaporkan terasa di daerah Bima, Raba, Nanganae, Tololalai, Wara, Toronaru, Nggaronangga, dan Buncu. Skala intensitas gempa II versi BMKG atau III MMI. “Di daerah ini guncangan gempa dirasakan oleh orang banyak,” kata Daryono.

Ditinjau dari kekuatannya, gempa tersebut termasuk kecil yang tidak berpotensi merusak. Menurut laporan, beberapa warga sempat terkejut dan panik terkait dengan gempa yang terjadi. Apalagi saat ini masih banyak warga Kota Bima di pengungsian akibat banjir.

Ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, ujar Daryono, gempa tergolong dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar Laut Flores. Kepada warga Bima dan sekitarnya yang bermukim di pesisir pantai, BMKG meminta agar tetap tenang karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. ( dgf/tmp)