Miris!!! Tabung Oksigen di Ruang Perawatan Bayi RSUD Sultan Dg Radja Bulukumba Nyaris Meledak

oleh
Tabung oksigen (ilustrasi)

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com– Sebuah Tabung Oksigen Ruang Perawatan Bayi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Dg Radja, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan dikabarkan terbarbakar dan nyaris meledak. Selasa (1/7/17).

Tabung oksigen (ilustrasi)

Informasi yang diterima, peristiwa tersebut terjadi pada pagi hari, dan terdapat empat bayi yang sedang dirawat dalam ruangan.

Kepala bagian Humas RSUD, Gumala Rubiah membenarkan insiden tersebut. Ia mengatakan memang ada alat yang terbakar di ruang madis bayi.

Iya, tadi pagi memang ada insiden di ruang Parinatologi dimana alat CPAP (Continous Positive Airway Pressure) terbakar,” katanya saat dikonfirmasi melalui aplikasi pesan Whastapp.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, bayi yang berada dalam ruangan langsung dievakuasi ke tempat aman.

Alhamdulillah, bayi aman,” tambahnya.

Sementara mengenai penyebab, hingga saat ini pihaknya masih menunggu laporan mendetail dari penanggung jawab ruangan.

SOP kami, insiden seperti ini harus melalui proses RCA Untuk mengetahui akar penyebabnya,” jelasnya.

Seperti diketahui, alat kesehatan di RSUD Sultan Dg Radja, belakangan memang ramai jadi perbincangan setelah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba beberapa waktu lalu melakukan sidak.

Dalam sidak tersebut, ketua Komisi D, Muh Bakti menemukan ada 85 persen alkes yang tak difungsikan pihak RSUD.

Selain menemukan 85 persen tak difungsikan, DPRD juga menemukan kejanggalan terkait masalah Kalibrasi atau uji kelayakan alkes di beberapa ruangan.

Begini, seandainya pihak yang punya wewenang mengkalibrasi ini punya sertifikat mereka pasti sesuai SOP. Ini tidak, mereka sapu rata bahkan yang rusak ditandai masih layak,” ujar Muh Bakti di DPRD beberapa waktu lalu. (RED 4/RED2)