MTQ Ke-46, Bupati Tambah Hadiah Bagi Kontingen Perebut Juara Umum Dari Bulukumpa

oleh

Bulukumba, Suaralidik.com –Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 46 Tingkat Kabupaten Bulukumba di Lapangan Remaja Kecamatan Bulukumpa, Senin malam (19/2/2018).

Ribuan warga Bulukumba yang datang dari 10 Kecamatan memadati lokasi acara. Mereka mengenakan seragam kebesarannya masing-masing sesuai kontingen mereka.

Ketua panitia kegiatan, sekaligus Plt. Camat Bulukumpa, Salman Z Patongai melaporkan,   kegiatan MTQ ke 46 Tahun ini berlangsung dari 19 sampai 24 Februari 2018 dengan 9 cabang lomba yaitu, cabang Tilawah (Anak, Remaja, dan Dewasa) Qori dan Qoriah, cabang tartil dan tartiah, cabang hafidz hafidzah 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, cabang MSQ, CCQ, Kaligrafi, dan cabang Qasidah.

Menurut Salman, MTQ ini, sebagai momentum untuk mendorong, meningkatkan pengetahuan al-Quran di lingkungan, keluarga, daerah bangsa dan negara.

Panitia, lanjutnya telah mengusung tema  “Kita jadikan al-Quran sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang bermakna dalam rangka mewujudkan masyarakat yang religius maju dan berkarakter”

“Kegiatan ini akan sia-sia jika tidak meninggalkan bekas dan pengaruh positif yang tampak dan terukur dalam kehidupan di masyarakat.  Penghayatan dan pemaknaan Al-Quran seharusnya tidak hanya  tumbuh dan layu hanya semusim, hal ini harus dipandang sebagai kebutuhan oleh setiap muslim,” ungkap Ketua Panitia dalam laporannya.

Bupati yang hadir bersama Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto menyampaikan apresiasi terhadap panitia penyelenggara, terkhusus bagi kontingen dan masyarakat Kecamatan Bulukumpa yang bersedia menjadi tuan rumah pada perhelatan ini.

Bupati juga menyanjung kontingen Kecamatan Bulukumpa karena telah berhasil meraih juara umum 3 kali beruntun pada perhelatan sebelumnya, sehingga kontingen dari kecamatan lain harus berjuang merebut piala bergilir yang baru.

Sekedar diketahui ketika pihak kecamatan memenangkan piala bergilir 3 tahun berturut-turut, maka piala tersebut sudah menjadi miliknya. Olehnya itu pada MTQ ke 46 ini pihak panitia harus menyiapkan piala bergilir yang baru. Beruntung, piala bergilir tersebut telah disiapkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bulukumba.

AM Sukri mengatakan, pembangunan dalam bidang budaya, sosial dan agama harus mendapatkan porsi yang sama, sehingga terwujud masyarakat yang lebih Islami.

“Kepada seluruh kafilah saya ucapkan selamat datang dan selamat berlomba. Untuk para dewan juri, selamat bertugas, ditangan anda ditentukan qori dan qoriah Bulukumba yang akan bertanding tingkat provinsi nanti,” pintanya.

Bupati Bulukumba mengaku setiap tahunnya menyiapkan hadiah senilai Rp10 juta bagi pemenang, dana tersebut juga dipergunakan bagi kontingen untuk perjalanannya nanti ke Kabupaten Luwu Timur demi mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sulsel.

Diakhir sambutannya, Bupati dua periode ini memberi tantangan kepada kafilah kecamatan lain, agar raihan juara umum bisa direbut dari tangan Kecamatan Bulukumpa yang telah tiga kali beruntun merebutnya. AM Sukri bahkan menyiapkan hadiah tambahan Rp5 juta kepada juara umum yang merebutnya dari kafilah Bulukumpa.

“Saya siapkan lagi Rp5 juta untuk kontingen yang bisa beri juara mengalahkan Bulukumpa, ini bukan berarti menganggap enteng tetapi, memberi motivasi kafilah lain. Saya yakin Bulukumpa akan berjuang mati-matian mempertahakannya,” urai Bupati.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua DPRD Bulukumba Andi Hamzah Pangki, para asisten, staf ahli, para camat se-Bulukumba, dan para kepala desa se Kecamatan Bulukumpa.(Awis/kemal)