Mulai 1 Januari 2017 Pemkab Gowa Sulsel Hentikan Layanan BPJS

oleh
BPJS Gowa
Foto : kantor BPJS Makassar

Lidik Gowa – Pemerintah Kabupaten Gowa resmi menghentikan Integrasi anggaran BPJS mulai 1 Januari 2017 sesuai dengan rencana Bupati Gowa yang diutarakan pada akhir tahun setelah hadiri acara Maulid di Lapangan Syekh Yusuf Senin lalu (12/12/2016).

Dengan kebijakan ini Pemkab Gowa Sulsel secara automatis menghapus dan tidak memberlakukan lagi kartu BPJS di rumah sakit,puskesmas ataupun layanan kesehatan lainnya diruang lingkup gowa dan dikembalikan ke program kesehatan Gratis pemkab Gowa.

BPJS Gowa
Foto : kantor BPJS Makassar

Setidaknya sekitar 119 ribu warga kab Gowa yang sudah terdaftar sebagai penerima bantuan iuran (PBI) pemerintah daerah akan kembali lagi ke program kesehatan gratis dan sekitar 9.000 warga yang sebelumnya belum menerima kartu BPJS.Hal ini diungkapkan oleh Asriady Asary ( Ketua Komisi IV DPRD Gowa ).

Asriady menkhawartirkan akan muncul permasalahan baru ketika pasien di RSUD Syekh Yusuf tidak bisa ditangani ( harus dirujuk ).

“Bagaimana dengan rujukan ke rumah sakit lain di Makassar misalnya. Karena tidak semua penyakit bisa ditangani di RSUD Syekh Yusuf. karena BPJS itu menanggung penyakit tertentu, sedangkan kesehatan gratis memberikan pelayanan kelas tiga saja,” katanya lagi.Jangan sampai, ada penyakit kronis yang hanya bisa ditangani rumah sakit di Makassar, namun warga dipersulit untuk persoalan rujukan. ungkap Asriady kepada media.

“Makanya kalau bisa masukan saya, mungkin pak bupati menyortir 450 ribu warga yang harusnya betul-betul mendapat kesehatan gratis. Karena banyak warga miskin yang justru tidak dapat, tapi malah warga yang mampu dapat. Entah karena alasan keluarga lah, teman dekat lah. Meski pada dasarnya saya mendukung kebijakan bupati menghentikan BPJS kesehatan ini,”. jelas Asriady.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan melalui WA mengatakan ” Tahun ini kita anggarkan Rp 16 Miliar untuk kesehatan gratis dan untuk masalah rujukan, kita sudah menjajaki kerja sama dengan dua rumah sakit yaitu Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo dan Labuang Baji.