Musrenbang Anak, Bulukumba Telah Canangkan Kabupaten Layak Anak

oleh

SUARALIDIK.COM, Bulukumba – Kegiatan Musrenbang Anak di Kabupaten Bulukumba resmi dibuka oleh Bupati Bulukumba A.Sukri Sappewali yang dihadiri delegasi baik dari Kabupaten maupun dari Provinsi Yang bertempat di Aula Bappeda Bulukumba. (6/2/2018).

Dalam kegiatan ini, tamu yang hadir dari DP3A Provinsi SulSel, Delegasi dari Kabupaten Bone (Bappeda dan DP3A), yang dipandu oleh Kepala Bappeda Bulukumba.

Adapun yang juga hadir dalam Musrenbang Anak ini, Pimpinan seluruh OPD se kabupaten Bulukumba, Para Camat se Kabupaten Bulukumba, Tim Pendamping Musrenbang Anak Kab. Bulukumba, Delegasi Forum Anak di 10 Kecamatan (1 Kecamatan 9 orang Delegasi), Forum Anak Panrita Lopi Kab. Bulukumba, Penyandang disabiltas, Anak Putus Sekolah, dan Awak Media cetak/online.

Sementara pembicara dalam kegiatan Musrenbang yakni Ombudsman Provinsi (Subhan Djoer, ST, MT) dan Nur Arianti, SE, MT (Dinas DP3A Provinsi Sul-Sel).

Kegiatan yang diawali dengan pementasan tari dari KKS Panrita dan nyanyi solo serta pembacaan puisi oleh forum anak daerah serta pembacaan ayat suci Al Qur’an yang juga dari forum anak daerah, melengkapi musrenbang anak tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi atas terlaksananya Musrenbang anak ini, karena Anak sebagai generasi harapan bangsa semestinya mendapat perhatian khusus dari semua pihak, terkhusus kepada Pemerintah Daerah. Inilah momentum untuk mengakomodir harapan dan aspirasi dari anak2, agar arah kebijakan dan pembangunan pemerintah sejalan dengan apa yg mereka butuhkan (Pengarus Utamaan Hak Anak/PUHA dan Kota Layak Anak/KLA), ungkap Bupati Bulukumba dalam sambutannya.

Seusai membuka, Bupati Bulukumba kemudian mengunjungi pameran perencanaan masing-masing kecamatan sambil berdialog langsung dengan anak-anak yang diikuti oleh seluruh OPD.

Dikabarkan pula bahwa semua delegasi dari Forum Anak pada 10 kecamatan, akan melakukan musyawarah untuk menentukan prioritas usulan dari hasil pelaksanaan Musrenbang di 10 Kecamatan, yang nanti akan menjadi rekomendasi usulan program dan kegiatan untuk OPD terkait pada tahun 2019.

Dalam musrenbang anak juga dihasilkan rekomendasi yang pertama Pelaksanaan Musrenbang Anak Tingkat Kabupaten Bulukumba merupakan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan Musrenbang Anak Kecamatan.

Kedua, Musrenbang Anak merupakan turunan dari Program Kabupaten/Kota Layak Anak, dan Kabupaten Bulukumba telah mencanangkan untuk menjadi Kabupaten Layak Anak.

Musrenbang Anak dilaksanakan dengan tujuan untuk menentukan usulan prioritas / rekomendasi dari perwakilan anak-anak agar arah kebijakan dan pembangunan pemerintah daerah berpihak kepada anak-anak, perempuan dan penyandang disabiltas.(Awis/Kemal red)