MZK Institute Mengadakan Workhsop Pra UKW Secara Virtual

  • Bagikan
kZE institut

Makassar, SuaraLidik.com – MZK Institute kembali mengadakan Workshop Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Batch ke 6 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting.”Selasa (20/04/2021).

Dalam kegiatan Pra UKW tersebut diikuti 59 peserta dari 16 Perwakilan Provinsi Se-Indonesia baik dari media cetak dan media online.

Kegiatan ini dipandu langsung oleh Martha Zhahira sebagai Host Workhsop Pra UKW dan Agung Santoso sebagai pemateri sekaligus inisiator UKW mandiri Indonesia.

Workshop Pra UKW ini merupakan pengenalan materi yang akan diujikan nanti ketika dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW).”ujar Agung Santoso”.

Semua jenis profesi harus memiliki disiplin keilmuan dan kode etik, begitu pun dengan wartawan, sehingga wartawan selalu dituntut harus paham ilmu jurnalistik dan kode etik jurnalistik.

Terdapat 12 materi yang akan menjadi bahan ujian dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) diantaranya, pengetahuan umum jurnalis, sejarah pers, delik pers, prinsip dasar tugas jurnalis, jenis berita, cara penulisan berita dan cara menganalisa, cara mengelola perusahan media, dan harus mempunyai gagasan agar berita yang disajikan sesuai dengan standar Dewan Pers.

Lanjut Agung Santoso, semua produk jurnalistik harus memiliki data yang akurat sehingga dapat menghasilkan berita yang berimbang dan bisa dipertanggung jawabkan. Karena seorang wartawan yang dinilai adalah karya jurnalistiknya.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bukan keharusan dan kewajiban, akan tetapi dengan mengikuti UKW maka seorang wartawan bisa diuji keilmuannya serta mentalnya apakah wartawan tersebut berkompeten atau tidak. Karena hal ini berhubungan dengan kemampuan karya jurnalistik yang akan disampaikan kepada masyarakat dan mewujudkan wartawan yang berkompeten dan profesional.

Ada 3 jenjang Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yaitu, wartawan muda, wartawan madya, dan wartawan utama. Masing-masing jenjang ditempuh sesuai dengan masa tugasnya sebagai wartawan.”tutupnya”.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *