Nahkoda KKSS Mendatang, Muchlis Patahna Atau Andi Jamaro Dulung

oleh -3 views

SUARALIDIK.COM – Menuju Musyawarah Besar XI KKSS di Solo, Jawa Tengah, 15-17 November 2019, dijadwalkan dibuka oleh Bapak Joko Widodo, Presiden RI bersama Bapak M. Jusuf Kalla, Ketua Dewan Kehormatan BPP KKSS.

Hingga hari ini, hanya dua bakal calon Ketua Umum KKSS yang sudah menyatakan diri, yakni Bapak Muchlis Patahna (MP) dan Andi Jamado Dulung (AJD). Jaminan Anggaran Dasar BPP KKSS memang mempersyaratkan setiap balon Ketua Umum harus memiliki pengalaman pernah menjadi pengurus KKSS, di Wilayah (Provinsi) atau di BPP, Pusat.

Muchlis Patahna

Menarik membaca dua profil Balon Ketua Umum KKSS, MP dan AJD, berikut persiapan mereka merebut Kursi KKSS-1. Seperti berikut.

MP, kelahiran Bone, 5 November 1961, bulan depan genap berumur 58 tahun; seorang notaris papan atas di Jakarta, berdomisili di Komplek Garuda Mas, Tanjung Mas Raya, Jagakarsa dan berkantor di Bakrie Tower lantai 5 Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan; jebolan sarjana ilmu hukum Universitas Hasanuddin dan kenotariatan Universitas Indonesia; dan mantan Sekretaris Jenderal dua periode BPP KKSS.

Adapun AJD, kelahiran Soppeng, 12 Desember 1960, 2 bulan ke depan genap berumur 59 tahun; seorang politis partai Islam, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sebelumnya dia aktif di PPP (Partai Persatuan Pembangunan); tinggal di Kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat; jebolan sarjana ilmu pendidikan UNEM (IKIP) Makassar; masternya di Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Negeri Jakarta.

Andi Jamero Dulung

Ada persamaan keduanya, MP dan AJD kini adalah Wakil Ketua Umum BPP KKSS, era M. Sattar Taba, 2014-2019.

Persiapan Balon
MP melalui Abd Karim, Ketua Tim Kampanye Nasional-Kerukunannya (TKN-K), mengaku jauh hari sudah aktif menggelar pertemuan-pertemuan. Bahkan mereka menklaim telah menjaga pendukung MP tahun 2014, ketika MP maju sebagai Balon Ketua Umum KKSS, dan telah menghubungi dan mendapatkan komitmen dari puluhan Pengurus Wilayah, Daerah, dan Pilar KKSS. “Kami punya spirit 19 BPW di lantai 21 Hotel Arthama Makassar, Juli lalu. Kami juga telah kunjungi Surabaya, Papua, Kalimantan, Banten, dan Yogyakarya,” kata Abd Karim.

Sementara Tim AJD tidak mau kalah, setelah mengundurkan diri sebagai Ketua Panitia Nasional, langsung tancap gas, road show ke Serang, Banten; Balikpapan, Kalimantan Timur; Surabaya, dan Yogyakarta. Sampai hari ini, AJD belum mengumumkan siapa nama Ketua Tim Sukses AJD.

Kita berharap hajatan Mubes di Solo menjadi ajang reuni dan silaturahmi akbar antar-pengurus dan warga KKSS dari seluruh penjuru Nusantra bahkan dari luar negeri. Mereka hadir menyaksikan dan mencatat sejarah kebesaran dan kemanfaatkan KKSS. KKSS didirikan oleh para tokoh perantau generasi awal di Jakarta, seperti alm Ahmad Nurhani, Andi Oddek, Andi Sose, Manai Sopiaan, dkk.

Tanah Abang, 19 Oktober 2019

M. Saleh Mude, Aktivis KKSS