Nasib IA Diujung Tanduk, KPU Kabgor Tinggal Tunggu Putusan PN Limboto

oleh -
Foto : Ketua KPUD Kabgor Rasyid Sayiu,(foto Thoger).

Gorontalo, Suaralidik.com – Nasib IA sebagai calon anggota DPRD kabupaten Gorontalo (Kabgor), dari partai PDIP dapil Limboto, Limboto Barat tinggal menunggu hasil keputusan Pengadilan Negeri (PN) Limboto.

Hal ini diungkapkan Ketua KPUD Kabgor Rasyid Sayiu saat disambangi awak media diruang kejanya, Senin (11/02/2019).

“Hingga saat ini kami masih menunggu hasil putusan PN,”kata Rasyid.

Jika keputusan ingkrah dari pengadilan sudah diterima oleh KPU, maka otomatis KPU akan melakukan tindakan tegas sesuai UU pemilu kepada IA.

“Berdasarkan undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, KPU akan menindak lanjuti putusan pengadilan setelah ingkrah,”kata Ketua KPU.

Rasyid Sayiu menjalaskan, bila salah satu caleg dinyatakan bersalah oleh pengadilan pada masa kampanye maupun sesudah pemungutan suara, KPU tetap akan mendiskualifikasi yang bersangkutan.

“Jika salah satu caleg dinyatakan terbukti menyalahi UU pemilu oleh pengadilan pada masa kampanye hingga hari penceblosan, KPU akan mencoret yang bersangkutan dari daftar calaon tetap (DCT),”jelas Ketua KPU.

“Dan bila dinyatakan bersalah setelah hasil pemungutan suara, meski yang bersangkutan dinyatakan berhasil mendapatkan suara terbanyak dan berhak duduk sebagai anggota DPRD, maka suara yang bersangkutan akan dianulir oleh KPU,”tambah Rasyid.

Ketua KPU juga mengakui hingga saat ini belum ada caleg yang tercoret. Menurut Rasyid, kasus yang sudah dilimpahkan oleh Bawaslu Kabgor kepolres Gorontalo hanya kasus IA semata.

“Hingga saat ini kami masih menunggu proses yang saat ini berlangsung dikejaksaan maunpun PN Limboto,”

Pihaknya juga berharap hanya satu kasus ini yang bisa masuk sampai kepengadilan, dan tak ada kasus-kasus lain terkait panggaran pemilu,”harap Rasyid Sayiu.(***Rollink).