Nekat, Masih SMA Sudah Mengaku Kapten Lulusan Secapa AD

oleh

SUBANG,SUARALIDIK.com – Herlambang Setia Negara ( 18) Pelajar Kelas XII SMAN 1 Tanjung Siang, Kabupaten Subang Jawa Barat ini hampir tidak melanjutkan studinya setelah tertangkap anggota TNI dari Satgas Bela Negara di depan Pasar Kasomalang Subang, pada Rabu (31/8) lalu.

Namun, pada saat ditangkap,Herlambang Setia Negara sedang mengenakan pakaian lengkap TNI dengan Pangkat Kapten dan mengendarai sepeda motor, namun di perjalanan Sang Kapten gadungan tersebut dengan kecepatan tinggi menabrak seorang pejalan kaki yang sedang menyebrang di jalan raya pasar Kasomalang.

Informasi yang dihimpun, Kapten muda tersebut, berangkat dari rumah orang tuanya di Kampung Pasir Pogor RT 11/03 Desa Paku Haji Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang Jawa Barat sekitar pukul 07.00 WIB hari Rabu (31/8/2016). Dengan mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, Herlambang mengenakan seragam loreng TNI lengkap dengan jaket, dan diperjalanan Kapten Herlambang Setia Negara menabrak seorang pejalan kaki. Herlambang yang juga terjatuh tersebut di tegur oleh warga yang juga sedang berada di Pasar Kasomalang. Seorang warga yang bernama Dadang melihat seragam yang dikenakan oleh Herlambang kemudian bertanya ” Komandan mau kemana ” dan dijawab oleh Herlambang bahwa dirinya hendak masuk ke Bandung.

Herlambang Setia Negara ( 18) Pelajar SMAN 1 Subang yang ditangkap setelah mengaku Kapten dari Secapa AD- SUARALIDIK
Herlambang Setia Negara ( 18) Pelajar SMAN 1 Subang yang ditangkap setelah mengaku Kapten dari Secapa AD- SUARALIDIK

Pada saat ditanya oleh massa, lewat Kopka Ajin, anggota Bela Negara dan melihat seorang berpakaian lengkap TNI bermasalh dengan warga.

Kopka Ajin pun bertanya kepada Herlambang ” Bapak dari Kesatuan mana ” dijawab Kapten gadungan tersebut dari Secapa AD. Merasa curiga, Ajin lantas nembawa Herlambang ke Pos Koramil Cijanbe dan dijemput oleh anngota Intel Kodim untuk dimintai keterangan.

Menurut Dandim 0605 Subang Letkol Inf Budi Mawardi Syam melalui Danramil Cijambe Kapten Arm Maali. Awalnya, Kapten gadungan ini kedapatan membawa sepeda motor dengan kencang di jalan depan pasar kasomalang. Kebetulan Kopka Ajin melihat si perwira ini dengan agak heran.

Setelah ditahan dan ditanyai, tentara berseragam lengkap mengaku dengan bahasa dan gaya yang meyakinkan sebagai perwira TNI lulusan Secapa tahun 2007 silam,” kata Maali.

Tapi Kopka Ajin tak percaya begitu saja. Dia mempertanyakan mana kartu anggota si kapten. Dengan agak kebingungan siswa tersebut tak bisa menunjukannya. Dari situ lah dia dibawa ke Koramil Cijambe 0512 di Jalan cagak.

Kemudian, sang kapten palsu ini digelandang ke Makodim Subang dengan masih berseragam lengkap.

Dalam identitas yang digeledah dari kantongnya, Herlambang beralamat asli Desa Paku Haji Kecamatan Cisalak, Subang dan memang masih bersekolah. Dia mengaku seragam TNI itu didapat secara tak sengaja alias menemukannya.

Iya saya dapat nemu seragam itu. Sepatu juga saya nemu. Baru kali ini saya pakai seragam ini,” kata Herlambang si tentara gadungan.

Herlambang Setia Negara ( 18) Pelajar SMAN 1 Subang yang ditangkap setelah mengaku Kapten dari Secapa AD- SUARALIDIK
Herlambang Setia Negara ( 18) Pelajar SMAN 1 Subang yang ditangkap setelah mengaku Kapten dari Secapa AD- SUARALIDIK

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, H.E.Kusdinar yang tiba di Makodim Subang setelah dihubungi oleh Satuan Intel untuk memastikan apakah Herklambang Setia Negara masih bersekolah atau tidak. E. Kusdinar pun membenarkan kalau Herlambang masih bersekolah di SMAN 1 Tanjung Siang kelas XII.

Atas pertimbangan Kadisdik kepada Dandim 0605 agar permasalahan Herlambang selesai di kantor Kodim saja, sehingga akhirnya Herlambang Setia Negaradi perbolehkan kembali kerumahnya dan melanjutkan sekolahnya namun pakaian tentaranya dengan Pangkat Kapten tersebut di sita pihak Kodim dan Herlambang di berikan peringatan untuk tidak mengulangi kembali kelakuannya yang mengaku sebagai Kapten lulusan Secapa TNI.

Suara Pembaca : Lully

Editor : Redaksi SuaraLidik-andi awal