Nelayan Ela-Ela Resah Maraknya Pengambilan Terumbu Karang

oleh
Nelayan Bulukumba resah maraknya pencurian terumbu karang || SUARALIDIK.COM

BULUKUMBA,SUARALIDIK.com — Maraknya pengambilan terumbu karang hidup di perairan Bulukumba membuat sejumlah nelayan di Kelurahan Ela-Ela dan Kalumeme resah.

Nelayan Bulukumba resah maraknya pencurian terumbu karang || SUARALIDIK.COM

Akibat adanya keresahan dan gundah gulana, para nelayan tangkap tersebut melakukan rapat koordinasi dan rembug sesama nelayan, Kamis (8/6/17) sekitar pukul 20.00 WITA malam bertempat di rumah salah seorang nelayan, Baba.

Kepada SuaraLidik.com, Baba menyampaikan bahwasanya para penyelam telah merusak ekosistem terumbu karang yang ada di perairan Bulukumba.

Para penyelam ini bukan hanya merusak Terumbu karang namun mengambil untuk kemudian di jual ” ucap Baba.

Para nelayan tangkap tersebut rencananya pada Jumat (9/6/17) akan melakukan Hearing ke DPRD Bulukumba untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Jika terumbu karang terus menerus dirusak maka tempat ikan-ikan untuk bertelur dan itu akan mematikan mata pencaharian para nelayan ” tegas Baba.

Hearing para nelayan Kelurahan Ela-Ela dan Kalumeme tersebut akan di dampingi oleh Sekjend DPN LSM Lidik Pro Nusantara, Muh.Darwis.

Selain hearing ke DPRD Bulukumba,kami juga akan mendampingi para nelayan ini melakukan pelaporan ke Polres Bulukumba, karena kami melihat hal ini termasuk Illegall Fishing ” ujar Darwis.

Perlu diketahui, pencurian Terumbu Karang tersebut melanggar UU Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta UU Nomor 31 Tentang Perikanan. (WIS/RED2)