Nelayan Kalumeme Terima Bantuan Dana Untuk Rumpon Ikan dari Bupati Bulukumba

oleh
Nelayan Bulukumba
Bupati Bulukumba Andi Sukri A Sappewali menyerahkan bantuan dana untuk pembuatan rumpon ikan kepada Nelayan Kalumeme, Rabu (4/9)

Bulukumba, suaralidik.com – Keluhan nelayan kelurahan kalumeme kecamatan Ujungbulu yang tidak bisa turun melaut paska terjadinya penyanderaan yang dilakukan oknum nelayan dari luar Bulukumba kini mulai mendapatkan titik terang.

Baca juga: Nelayan Bulukumba Disandra dan Dianiaya di Bantaeng, LIDIK PRO dan Ratusan Nelayan Desak Semua Instansi Untuk Segera Bertindak

Berbagai upaya dilakukan pemerintah kabupaten Bulukumba agar nelayan kalumeme bisa kembali mendapatkan ikan sebagai mata pencariannya terus dilakukan.

Selain melakukan persuratan ke kabupaten lain melalui dinas perikanan dan kelautan, Bupati Bulukumba Andi Sukri A Sappewali juga menindaklanjuti keluhan para nelayan dengan membantu berupa dana pribadi untuk pembuatan rumpon ikan.

Diketahui bahwa Rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu penangkapan ikan yang dipasang di laut, baik laut dangkal maupun laut dalam. Pemasangan tersebut dimaksudkan untuk menarik gerombolan ikan agar berkumpul di sekitar rumpon sehingga ikan mudah untuk ditangkap.

Hal ini juga diungkapkan oleh Andi Sukri di depan nelayan yang sempat hadir di rumah jabatan (Rujab) beberapa waktu lalu.

Juga dikatakannya, kalau sebagai langkah awal, Dirinya akan memberikan bantuan dana sebesar 10 juta rupiah untuk pembuatan rumpon ikan agar para nelayan kalumeme ini bisa kembali menghasilkan tangkapan ikan yang banyak.

“Insya Allah, saya akan berikan dana pribadi sebesar 10 juta rupiah untuk pembuatan rumpon ikan, ini baru langkah awal, selain itu kita juga sedang upayakan agar semua nelayan bisa kembali melaut seperti biasa tanpa ada intervensi dari pihak lain” kata Andi Sukri.

Rabu (4/9) Sore sekitar pukul 15:00 wita,  Andi Sukri menepati janjinya dan berkujung langsung ke pemukiman nelayan di kalumeme dan disambut ratusan nelayan yang sudah menanti.

Selain itu,  Bupati Bulukumba ini juga menyerhkan langsung dana tunai kepada nelayan untuk pembuatan rumpon ikan.

Ditempat yang sama, senada dengan Bupati Bulukumba,  Sekjend Lidik Pro Muh Darwis K  bersama Fajar Hidayat yang mendampingi nelayan menyebutkan kalau Bupati menepati janjinya untuk membantu dan menjawab keluh kesah Nelayan yang bahkan menggunakan dana pribadi untuk pembuatan rumpon ikan.

” iya, Bupati sebelumnya janji di depan para Nelayan waktu pertemuan di Rujab beberapa hari yang lalu dan hari ini ( Rabu, 5/9) Bupati sudah berkunjung ke Kalumeme dan bertemu langsung dengan para nelayan sekaligus pencanangan rumpon ikan” jelas Darwis yang dikuti oleh Fajar. (***Riswan)