NH-Aziz Bakal Dongkrak Produktivitas Pertanian di Sulsel

oleh -170 views
Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) Pilgub 2018

Makassar,suaralidik.com — Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz) mencanangkan sederet program unggulan di sektor pertanian. Toh, mayoritas masyarakat Sulsel hidup dan bekerja di sektor ini. Tak cuma itu, perekonomian Sulsel sangat ditopang oleh sektor pertanian.

Jika terpilih, NH-Aziz menjanjikan peningkatan produktivitas pertanian. Dengan begitu, akselerasi ekonomi terjamin dan Sulsel benar-benar menjadi lumbung pangan. Tidak kalah penting, peningkatan produksi juga dapat meningkatkan pendapatan petani. NH-Aziz menginginkan daya beli petani terus menguat.

Menurut NH, pihaknya telah merancang strategi untuk memastikan peningkatan produktivitas pertanian. Mulai dari bantuan benih dan bibit, perbaikan atau pengadaan pengairan, hingga mekanisasi serta penerapan teknologi pra maupun pasca-panen.

“NH-Aziz punya banyak program di sektor pertanian. Muaranya ya meningkatkan produktivitas pertanian agar masyarakat, termasuk kalangan petani lebih sejahtera. NH-Aziz setiap daerah bisa menanam setidaknya dua kali dalam setahun, lima kali dalam dua tahun,” ucap NH.

Dalam kunjungannya ke berbagai pelosok desa, NH mendapati banyak petani yang masih mengandalkan tadah hujan. Karena itu, mereka hanya bisa panen sekali dalam setahun. Produktivitas dalam sekali panen pun masih tergolong rendah karena belum menerapkan teknologi tepat guna.

“Segala permasalahan itu kita akan coba tuntaskan. Di daerah yang kering dan hanya andalkan tadah hujan, kita bangun infrastrktur pengairan. Kalau di daerah yang sudah bisa menanam setidaknya dua kali setahun, ya tinggal kita pastikan bantuan benih dan penerapan teknologi agar hasilnya bisa lebih banyak.”

Koordinator Kelompok Tani Simbang di Kabupaten Maros, Mustari, menyebut NH-Aziz sangat memahami problematika sektor pertanian. Pasalnya, kedua tokoh nasional itu sangat dekat dengan rakyat, khususnya kalangan petani. NH bahkan merupakan anak guru dan petani.

Melalui visi ekonomi kerakyatan, pasangan nomor urut satu itu diyakini memiliki solusi jitu atas permasalahan petani. “Saya menaruh keyakinan besar NH-Aziz mampu mengatasi permasalahan di sektor pertanian. Terlebih, NH itu merupakan Ketua Dekopin, itu nilai lebih mengingat koperasi dan petani sangat erat kaitannya,” pungkas. (*BCHT/SM2K)