Noval : Masih Banyak Pengusaha Tak Miliki Izin Usaha !

oleh
Noval Manoppo

Kotamobagu, Suaralidik.Com – Kendati Kota Kotamobagu dikenal gudangnya pengusaha. Bukan berarti pengusaha ini sudah memiliki izin usaha.

Fenomena ini dibeber oleh kepala dinas Penanaman Modal Pelayanan Yerpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Noval Manoppo, Kamis (19/4/2018).

Pelaku usaha, kata Noval, dengan modal Rp 50 juta wajib untuk mengantongi izin usaha. Hal ini amat penting ketika akan dilakukan pemeriksaan oleh Dinas terkait.

Khusus pelaku usaha atau pengusaha yang modalnya dibawah Rp50 juta mereka hanya perlu mengurus Surat Keterangan Usaha (SKU). Akan lebih baik lagi kalau mengurus Surat Izin Usaha. “pengurusan izinnya gratis,” Kata Kadis Noval.

Hanya saja ketika ingin membuat izin usaha persyaratannya sudah melunasi Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) karena itu persyaratan mutlak yang harus di penuhi.

Pemkot Kotamobagu sangat berharap, bagi pelaku usaha Yang memiliki modal dibawah Rp50 juta agar segera mengurus SKU dengan meminta surat keterangan lurah/sangadi, sebagai legalitas usaha dari masyarakat. (***jul/iqb)