Nurdin Abdullah Bupati Bantaeng “Apkasi ingin mendorong promosi perdagangan, pariwisata dan investasi terbesar di Tanah Air “

oleh

LIDIK JAKARTA – Pemerintah Daerah (Pemda) dituntut bisa melakukan terobosan yang inovatif dalam memasarkan produk dan menawarkan investasi di daerahnya dalam menghadapi persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Pemda harus memiliki daya saing yang kuat sehingga mampu memenangkan persaingan dan merebut pasar, baik di tingkat ASEAN, bahkan pasar global,” kata Sekjen Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Nurdin Abdullah, di sela-sela peluncuran “Apkasi Otonomi Expo 2017“, di Jakarta, kemarin.

bupati-bantaeng-nurdin-abdullah-republika

Nurdin yang juga Bupati Bantaeng, Sulsel mengatakan, melalui kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2017 yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 19-21 Juli 2017 ini, Apkasi ingin mendorong promosi perdagangan, pariwisata dan investasi terbesar di Tanah Air.

Bertema “Menumbuhkembangkan Jiwa Enterpreneur dalam Menghadapi Persaingan Global”, acara ini akan diikuti oleh pemerintah kabupaten, kota, provinsi, kementerian, lembaga negara nonkementerian, BUMN, lembaga donor, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri dan para pelaku UKM.

Apkasi Otonomi Expo 2017 yang ditargetkan dihadiri sekitar 10.000 pengunjung ini, mengedepankan promosi perdagangan dan investasi di sektor-sektor strategis seperti, komoditas pertanian dan perkebunan, pariwisata, energi dan pertambangan, perikanan dan kelautan, infrastruktur, dan UKM.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang berkumpulnya para buyers dan investor potensial, baik dari dalam maupun luar negeri,” ujar Nurdin.

Kegiatan yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu, merupakan upaya Apkasi dalam rangka ikut mensukseskan program pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah melalui perdagangan dan investasi.

Selain pameran dan “business matching”, kegiatan itu juga akan menggelar semiloka peningkatan kapasitas terkait dengan peningkatan perdagangan dan investasi yang diusung berdasarkan kebutuhan daerah dan para pelaku usaha.

Begitu juga sebaliknya, para pebisnis dapat mengakses dan merebut peluang bisnis di daerah seluruh Indonesia secara efektif dan efisien melalui rangkaian kegiatan yang dirancang dalam Apkasi Otonomi Expo 2017.

Kegiatan lain yang juga digelar yaitu Indonesia Fashion Show yang akan menampilkan busana-busana khas daerah, Pemilihan Putri Otonomi Indonesia, Festival Racik Kopi dengan ciri khas yang dimiliki masing-masing daerah dan “stand up comedy” dengan bahasa/logat daerah.

Suaralidik.com/JKT/Mdls