Optimalisasi Potensi Desa Akan Menjadi Fokus Ulasan Bulukumba Meeting Forum Malam Nanti

oleh

SuaraLidik.com –Bulukumba, Tujuan kebijakan pemerintah yang memprioritaskan pembangunan desa dengan mendorong pemanfaatan peningkatan kualitas desa agar menjadi desa mandiri. Komitmen ini menjadi salah satu langkah pemberantasan kemiskinan.

Member Bulukumba Meeting Forum, Zul Majjaga, menilai pengelolaan dana desa sebesar harus menjadi solusi bagi berbagai kebutuhan masyarakat desa, terutama dalam memangkas angka kemiskinan yang masih tinggi.

Hal ini dilakukan melalui pengelolaan dana yang tepat sasaran, efisien dan efektif, sehingga perekonomian desa diharapkan bisa berkembang dan menjadi sumber kehidupan masyarakat.

“Program dana desa merupakan sesuatu yang sudah sangat lama dibutuhkan. Oleh karena itu Pembangunan berbasis desa dikabupaten Bulukumba diharapkan dapat menyelesaikan berbagai persoalan, terutama kebutuhan lapangan kerja bagi generasi muda desa,” Kata Zul Majjaga, Senin/24/Oktober 2016.

Menurut Aktivis Pemuda ini,  Ada 109  desa di kabupaten Bulukumba menghadapi masalah yang hampir sama, yakni belum maksimal dalam mengelola dan mengeksplorasi potensi desanya. Artinya, Jika Pemerintah desa gagal memaksimalkan potensi desanya maka ini akan melahirkan banyak persoalan baru, seperti pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, dan masalah sosial lainnya.

Inilah yang menjadi alasan utama Bulukumba Meeting Forum yang akan digelar malam nanti, Senin,/24/Oktober/2016, mengangkat tema “Menanti Gebrakan Desa”.

Turut menjelaskan Hermayanto salasatu Pengurus KNPI Bulukumba mengatakan “KNPI secara kelembagaan akan mendampingi atau mengawal setiap program pemerintah, khususnya program desa”, Hermayanto, cetusnya.
Diketahui  bahwa Forum diskusi ini terselenggara  atas kerjasama Lingkar Data Indonesia dengan Komisi Ideologi Politik DPD KNPI Kabupaten Bulukumba. Forum ini menawarkan konsep diskusi partisipatif dengan menggandeng  RCA sebagai media partner dalam setiap diskusinya.