Panwaslu Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pilkada Talaud 2018

oleh
Panwaslu Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pilkada Talaud 2018

TALAUD, Suaralidik.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Kepulauan Talaud menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dalam rangka Pilkada 2018 mendatang di Kabupaten Kepulauan Talaud, bertempat di aula pemkab Talaud. Rabu (1/11/17).

Panwaslu Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pilkada Talaud 2018

Turut hadir Pimpinan Bawaslu Sulut Herwyn J.H Malonda, Mustarin Humagi,S.Hi,Kenly Poluan sebagai narasumber, Asisten I Setda Alex Sahadula mewakili Bupati Talaud, Forkopimda, dan sejumlah pimpinan Partai, Perwakilan Pemuda, Pelajar dan insan pers biro Talaud.

Dalam sambutannya Ketua Bawaslu Provinsi Sulut Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Herwyn J.H Malonda mengatakan Kegiatan sosialisasi ini dimaksudkan agar fungsi,tugas,wewenang dan tanggungjawab dari Badan Pengawas Pemilu lebih diketahui masyarakat secara keseluruhan.

“Apabila terjadi pelanggaran administrasi dalam tahap pilkada dan pemilu, masyarakat bisa memahami proses pelaporannya ke Banwaslu,” ujar.

Selain itu, Mewakili Bupati Talaud,Dalam Sambutannya Asisten I Alex Sahadula mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran para pimpinan Bawaslu Sulut ke Kabupaten Kepulauan Talaud apalagi dengan menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisifatif dalam persiapan pilkada dan Pemilu yang tidak lama lagi akan digelar.

“Kami dari Pemkab meminta kegiatan yang bermanfaat ini bisa semaksimal mungkin diikuti oleh undangan yang hadir terutama kepada pemilih Pemula,” pintanya.

Sosialisasi ini lebih ditekankan pada Fungsi Pengawasan Partisifatif agar pesta demokrasi ini berjalan sesuai dengan UU yang berlaku,melibatkan semua unsur seperti pemantau pemilu,Pelajar,pers,LSM dan lain lain. (Wan Pakaya/ *)