banner 728x250

banner 728x250

banner 728x250

Parade Budaya Makassar Tahun 2022, Danny Bawakan Tradisi Pappasang, Nasehat Empat Etnis Budaya Makassar

Wali Kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto, Saat Menghadiri Peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar, di Jalan Balai Kota, Jumat (01/04/2022).

Makassar, SuaraLidik.com – Parade Budaya dalam rangka rangkaian Hari Budaya Kota Makassar Tahun 2022 digelar Dinas Pariwisata Kota Makassar, di depan Museum Kota Makassar, Jalan Balai Kota, Jumat (01/04/2022).

Wali Kota Danny yang tiba di halaman Museum Kota bersama Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail serta Forkopimda Kota maupun Provinsi Sulsel dan tamu kehormatan lainnya, disambut meriah dengan tari tarian penyambutan.

banner 728x250

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Danny membawakan tradisi Pappasang dari empat etnis daerah yang ada di Sulawesi Selatan.

“Pappasang adalah nasehat budaya yang merupakan warisan budaya empat etnis Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar yang didalamnya terkandung nilai-nilai, wasiat, amanat yang berisi petuah-petuah tentang ajaran moral, etika dan budi pekerti yang luhur,” ujar Danny.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kota Makasar Andi Herfida Attas mengatakan, sesuai dengan temanya “Warna Warni Budaya Yang Ada di Kota Makassar” diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan rasa kecintaan terhadap seni budaya daerah serta mempertahankan seni budaya lokal warisan dari para leluhur.

“Dalam kegiatan ini kami libatkan paguyuban, etnis dan sanggar seni yang ada di Kota Makassar utamanya bagi mereka yang berada dan tinggal di lorong-lorong dalam wilayah Kota Makassar,” jelasnya.

Parade Budaya dimeriahkan dengan atraksi seni berupa Gandrangbulo 1.000 lorong secara daring, parade budaya dengan menampilkan Cipta Busana Karnaval, tembang daerah Makassar, Sinrilik serta aneka pertunjukan budaya menarik lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.