Pasar Tradisional Tarowang Belum Optimal, Didominasi Lapak-lapak Pedagang

oleh
Photo : Lapak pedagang dominasi halaman depan pasar tradisional Tarowang Jeneponto

JENEPONTO, Suaralidik.Com – Pemerintah Jeneponto telah menyiapkan Pasar Tradisional Tarowang yang representatif. Bangunannya megah, halaman parkir luas dan los-los penjual yang mencukupi.

Sayangnya. Nampak dari depan Pasar Tarowang yang berada di dekat Jalan Posor Jeneponto – Bantaeng, kemegahannya hilang. Menjadi pasar yang kumuh.

Bangunan pasar jadi hilang ditelah lapak-lapak pedagang. Los-los tempat penjualan di dalam pasar tak berfungsi. Pedagang dengan seenaknya mendirikan lapak di depan halaman pasar.

Kondisi inilah yang menyebabkan pasar Tarowang tak nyaman bagi warga yang bermaksud membeli.

Pemerhati Jeneponto Natsir Bonto menyayangkan tidak berfungsinya pasar Tarowang dengan baik. Mestinya, instansi dan stakeholder terkait harus tegas terhadap pedagang.

“mereka harus diarahkan masuk ke dalam pasar. Bukan diluar melakukan transaksi. Ini tugas SKPD Dinas Pasar, Pol PP dan Disbuh serta teman-teman stakeholder lain untuk meminta saudara pedagang masuk ke dalam pasar,”kata Natsir.

Dampak lain dari aksi pedagang lapak di halaman pasar. Parkir kendaraan sampai ke ruas jalan. Ini pun akan mengganggu kepentingan orang lain.

“Jalur ini amat ramai dilalui lintas kendaraan antar kabupaten dan Provonsi. Jadi, disarankan Pemkab Jeneponto cepat menangani masalah pedagang untuk berjualan dalam pasar,”tambah putra Binamu itu. (***iqb)