Dihadiri Bupati Bolmong, Warga Lolayan Gelar Pesta Hari Raya Kulipot

oleh
Photo : Bupati Bolmong Dra Hj Yasti S Mokoagow nampak memberikan sambutan di hari raya Kulipot

BOLMONG, Suaralidik.com – Bupati Bolaang Mongondow Yasti Soepredjo Mokoagow Menghadiri Perayaan Hari Raya Kulipot yang diselenggarakan di Desa Mopait Kecamatan Lolayan pada hari Sabtu (23/06/2018).

Srikandi Bolmong ini dijemput dengan Tarian adat khas Bolaang Mongondow yaitu Itu-itum dan Tari Tuitan yang merupakan tari penjemputan khas adat Bolaang Mongondow, kemudian dilanjutkan dengan pementasan seni tari Monoimama’ dan Tari Bogani yang dibawakan oleh sanggar seni Mokosambe Desa Mopait di bawa asuhan seniman Bolmong Bapak Hi.Hamim Ambaru.

Photo : Bupati Bolmong nampam diterima secara adat di pesta hariĀ  raya Kulipot

Kegiatan Gebyar Mongulipot atau Hari Raya Kulipot ini sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya oleh Masyarakat Desa Mopait. Untuk Hari Raya Kulipot Tahun ini sudah masuk dalam agenda pemerintah daerah yang termasuk dalam salah satu kelender iven Dinas Pariwisata Kab Bolmong.

Bupati Yasti dalam sambutannya menyampaikan bahwa Hari Raya Kulipot atau Gebyar Mongulipot merupakan ide kreatif masyarakat Desa Mopait sejak tahun 2011, untuk memanifestasikan kearifan lokal dan moment pasca Hari Raya Idul Fitri dengan mengangkat kuliner khas Bolaang Mongondow, yaitu daun kulipot dan merupakan daun yang harum baunya, yang disenangi oleh semua orang manakala dipergunakan sebagai pembungkus nasi atau makanan, karena beras atau makanan yang mulanya terceraiberai mampu disatukan saat dimasak karena dibungkus dengan daun kulipot, ujar Yasti.

Photo : Tarian adat menyambut kedatangan Bupati Bolmong di pesta hari raya Kulipot

Lanjutnya, oleh karena itu makna yang terkandung dalam perayaan hari raya kulipot adalah sebagai sarana untuk mempererat silaturahim, persaudaraan dan kebersamaan antara warga masyarakat, sekaligus lebih memperkuat komitmen dan tekad kita, guna lebih meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada allah swt, ungkap Yasti.

Dalam kesempatan itu Bupati Yasti berharap dan berpesan kepada Camat Lolayan, Sangadi, BPD dan Perangkat Desa Mopait untuk tetap melestarikan dan menjaga tradisi Hari Raya Kulipot, “karena hal ini merupakan salah satu bentuk kearifan lokal masyarakat Bolaang Mongondow khususnya masyarakat Desa Mopait, sekaligus sebagai wahana silaturahim serta objek wisata kuliner bagi masyarakat diwilayah Bolaang Mongondow Raya”, harap Yasti.

Yasti juga berharap kepada kita semua agar dalam melaksanakan tugas, senantiasa dengan kebersamaan yang seiring sejalan, serta tetap mendukung berbagai program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kab Bolmong, sehingga mampu mewujudkan Bolaang Mongondow Hebat, sebagaimana visi pembangunan Kab Bolmong saat ini, pungkasnya.

Photo : Bupati Bolmong diarak oleh tetua adat memasuki arena pesta hari raya kulipot

Diakhir sambutannya Bupati Yasti menyampaikan agar perayaan Hari Raya Kulipot untuk tahun depan harus lebih meriah, serta tak lupa pula Bupati mengucapkan terima kasih kepada Camat Lolayan, Sangadi, BPD dan Perangkat Desa Mopait, PHPBI Desa Mopait, ibu-ibu PKK dan BKMT Desa Mopait dan Panitia Pelaksana Perayaan Hari Raya Kulipot/Gebyar Mongulipot, serta berbagai pihak terkait yang turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, tutup Yasti.

Hadir Dalam kegiatan Hari Raya Kulipot/Gebyar Mongulipot tersebut, Walikota Kotamobagu ibu Ir Tatong Bara, Wakil ketua DPRD Bolmong Abdul Kadir Mangkat, Anggota DPRD Manado Ahmad Wongso, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulut, Kepala Kementerian Agama Kab Bolmut Sulaiman Amba, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kab Bolmong Irmanto Usuli, pimpinan OPD yang ada dilingkungan Pemkab Bolmong, Camat dan para Sangadi se-kecamatan lolayan. (***Is)