Pekan Depan, Laporan Hasil Audit Dandes di Tangan Bupati

oleh -1 views
Kepala Inspektorat Boltim, Meike Mamahit

Boltim, Suaralidik.com– Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) Inspektorat Bolaang Mongondow Timur, Telah selesai melakukan pemeriksaan dokumen pertanggung jawaban pengelolaan Dana Desa (Dandes) tahap 1 dan 2 di 70 desa se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.namun mengalami kendala.

Pasalnya, pihak Inspektorat masih menunggu tanggapan serta tindak lanjut dari desa. Demikian yang disampaikan Kepala Inspektorat Boltim, Meike Mamahit saat disambangi awak media ini, Kamis (17/10/19).

‘’Selesai pemeriksaan selama dua minggu, kita kembali berikan waktu sebanyak 7-14 hari ke pihak desa, tergantung berat ringannya pekerjaan. Namun, sampai waktu yang ditentukan, laporannya belum ada, hal itu memperlambat pekerjaan kami,’’ ucap Mamahit.

Mana desa yang terlambat menyerahakan laporan pekerjaan dari titik nol hingga seratus persen, lanjut Mamahit, akan dimuat di Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP).

‘’Harusnya jika pihak desa menyerahkan laporan tepat waktu sesuai kesepakatan bersama, kita tidak akan muat di LHP, asalkan sudah 100 persen pekerjaan. Jika tidak diindahkan, maka akan diangkat sebagai temuan,’’ tegasnya.

Dikatakan Mamahit, dalam waktu dekat pihaknya akan menyerahkan laporan hasil audit ke Bupati, Wakil Bupati dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

‘’Saat ini kami dalam tahap perampungan hasil audit. Jika tidak ada kendala, pekan depan laporannya sudah di terima Bupati dan Wakil Bupati, serta akan dikirim ke BPK,’’ tukasnya.(***Bob)